Ini Beberapa Keahlian Lulusan SMA Agar Dapat Kerja
Siker.id | 14 Feb 2022 19:45


Bagikan ke
Beberapa keahlian lulusan SMA agar dapat kerja. (siker)

siker.id - Banyak yang bilang lulusan setara SMA susah mendapatkan pekerjaan di perusahaan. Sekalipun berhasil mendapatkan pekerjaan, stereotip mengatakan bahwa jabatan yang bisa diemban hanya setingkat operator dengan sistem kontrak tidak tetap.

Agar kamu tetap bisa bersaing dengan mereka yang memiliki tingkat pendidikan di atasmu, kamu harus mempunyai keahlian khusus yang membuat kamu lebih menarik di mata perusahaan. Kamu harus mampu membuat perusahaan lebih tertarik terhadap skiil yang kamu miliki dibandingkan latar belakang ijazahmu.

Lantas, apa saja, sih, keahlian yang bisa kamu pelajari sehingga kamu terlihat lebih spesial sebagai lulusan SMA? Simak sederet inspirasinya berikut ini, ya!

Baca juga: Skill yang Harus Dikuasai Seorang Content Creator

Keahlian mengoperasikan alat berat

Salah satu keahlian yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan adalah kemampuan mengoperasikanalat berat, seperti forklift, crane, bulldozer, scrapper , excavator dan lainya. Keahlian mengoperasikan alat-alat ini banyak dibutuhkan di berbagai bidang usaha misalnya, pertambangan, konstruksi, dan manufactur. Keahlian ini biasanya dikuasai oleh laki-laki, namun, tidak menutup kemungkinan perempuan pun tetap bisa melakukanya.

Sebagai saran, ambilah sertifikasi operator salah satu dari sekian alat berat yang ada dan jadilah ahli di bidangnya. Keahlian mengoperasikan alat berat yang dibuktikan dengan sertifikat akan membuat kamu punya nilai sendiri di mata perusahaan.

Baca juga: Berikut Beberapa Life Skill yang Perlu Dikuasai

Keahlian menggambar teknik

Menggambar teknik adalah proses membuat gambar atau sketsa teknik sesuai dengan keinginan perencana. Tujuan dibuatnya gambar teknik agar semua orang yang terkait dengan gambar tersebut dapat membaca dan memahami ide dan informasi yang ingin disampaikan oleh perencana.

Profesi menggambar teknik atau sering disebut drafter adalah salah satu keahlian yang dapat dikuasai oleh lulusan SMA atau setara. Drafter banyak dibutuhkan di berbagai bidang usaha, mulai dari konstruksi, permesinan, elektronik, dan masih banyak lagi.

Untuk dapat menguasai keahlian menggambar teknik, kamu dapat mengambil kursus drafter. Kursus ini biasanya membutuhkan waktu antara tiga sampai enam bulan untuk menguasai keahlian dasar. Namun, semua tergantung dari seberapa cepat kamu bisa menguasai materi yang diberikan.

Sekian artikel tentang beberapa keahlian lulusan SMA agar dapat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan ke semua orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 4 Super Skill yang Menjadi Incaran Perusahaan


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar