Berikut Ini Tips Berkarir Diluar Jurusan Pendidikan
Siker.id | 02 Dec 2021 20:15


Bagikan ke
Berkarir meski diluar pendidikan tidaklah menjadi suatu hal yang mustahil karena yang penting adalah skill yang Anda miliki. (siker)

siker.id - Tidak semua jurusan di perkuliahan memiliki lapangan pekerjaan yang sesuai. Sering terjadi, lulusan tertentu kerja tidak sesuai jurusan. Ada juga yang memang sengaja mencari pekerjaan di luar disiplin ilmunya. Biasanya pekerjaan tersebut adalah pekerjaan impian yang ingin ditekuni. Anda mungkin salah satu yang ingin mencoba pekerjaan di luar jurusan kuliah. Jika iya, Anda tidak perlu ragu untuk mencobanya. Berikut ini tips agar Anda bisa bekerja meski tidak sesuai dengan jurusan Anda!

Baca juga: Berikut Ini Tips Melamar Kerja Walau IPK Rendah

1. Upgrade Your Skill

Meningkatkan keterampilan, kemampuan dan kapasitas adalah keharusan bagi seorang pegawai. Skill yang terus diperbarui dan ditingkatkan adalah syarat penting yang harus dilakukan oleh seorang pegawai apabila ingin meningkatkan karirnya. Peningkatan skill itu bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari mengikuti internal workshop, membaca buku-buku yang relevan, mendengar podcast terkait industri hingga menyimak berbagai video mengenai bidang pekerjaan.

2. Sertifikasi

Selain pelatihan internal, para pegawai juga dapat mengikuti berbagai pelatihan atau sertifikasi yang diselenggarakan oleh lembaga di luar perusahaan. Sertifikasi ini dapat digunakan untuk memperdalam pengetahuan mengenai bidang tertentu. Sertifikasi profesional merupakan bukti penguasaan akan bidang tersebut, jadi akan cocok buat yang ingin bekerja di luar bidang kuliah. Sertifikasi tersebut tidak menetapkan latar belakang pendidikan tertentu sebagai salah satu syarat kepesertaan.

3. Pilih Pekerjaan Sesuai dengan Potensi Diri

Sebelum memutuskan kerja tidak sesuai jurusan, Anda harus tahu bidang yang disukai. Jangan asal memilih pekerjaan karena bisa membuat kinerja Anda berkurang. Pertama-tama lihat potensi yang ada pada diri Anda. Cari tahu apa yang Anda sukai dan menjadi kelebihan Anda.

Baca juga: Sudah Siap Menghadapi Persaingan Kerja? Berikut Tipsnya!

4. Mengikuti Magang dan Pelatihan

Mendapat kerja tidak sesuai jurusan memang gampang-gampang susah. Terlebih yang membutuhkan skill. Untuk mengakalinya Anda bisa mencoba mengembangkan diri. Banyak perusahaan yang menawarkan magang kepada lulusan baru atau mahasiswa tingkat akhir. Anda bisa memilih posisi yang diinginkan dan belajar saat magang berlangsung. Jika Anda sudah cukup lama lulus, tidak perlu berkecil hati. Ada banyak pelatihan online maupun offline untuk pengembangan diri dan skill. Anda bisa memilih pelatihan gratis atau yang berbayar.

5. Cari Mentor

Kita juga perlu mempertimbangkan untuk mencari seorang mentor atau seorang senior yang dapat memberikan bimbingan serta pencerahan mengenai karir. Mentor tersebut biasanya memiliki jabatan yang lebih tinggi dan jam terbang yang lebih panjang. Pada saat kita menghadapi tantangan atau peluang, kita dapat berdiskusi dengan senior yang kita percaya ini. Di samping itu, mentor ini juga dapat memberikan feedback mengenai pekerjaan yang kita lakukan dimana kita bisa memperbaiki pekerjaan tersebut.

Sekian artikel tentang tips bekerja tidak sesuai jurusan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Anda Ingin Merantau Kerja? Ikuti Tips Berikut!


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar