Apa Kelebihan dan Kekurangan Kerja Part Time?
Siker.id | 24 Nov 2021 15:30


Bagikan ke
Bagi sebagian kalangan memilih kerja part time adalah salah satu cara untuk bisa mengenal lebih jauh dunia kerja. (siker)

siker.id - Saat ini pekerjaan tidak lagi mengharuskan karyawan untuk bekerja full time ataupun permanen. Ada tipe pekerja yang memang tidak menginginkan bekerja full time dan memilih untuk bekerja part time karena berbagai alasan. Untuk Anda yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa tetapi ingin menambah penghasilan sendiri, tipe pekerjaan ini bisa cocok untuk Anda. Karena memberikan penghasilan yang cukup dan waktu bekerja pun dapat diatur, jadi kegiatan sekolah atau kuliah pun tidak terganggu. Bagi yang tertarik dengan kerja part time berikut ini ulasannya!

Baca juga: Berikut Ini Keuntungan Menjadi Pegawai Swasta

Definisi Kerja Part Time

Kerja part time merupakan pekerjaan yang memiliki waktu fleksibel. Karena rata-rata pekerja full time akan menghabiskan sekitar 40 jam per minggu di kantor. Sedangkan, pekerja part time memiliki waktu yang lebih sedikit, yaitu biasanya per hari membutuhkan waktu sekitar 3-5 jam, tergantung jenis pekerjaannya. Tipe pekerja ini tidak memiliki kontrak kerja seperti pegawai tetap di kantor. Dan Anda bisa membuat kesepakatan dengan orang yang memberikan pekerjaan.

Kekurangan Kerja Part Time

1. Tidak ada perlindungan terhadap pekerja. Pekerja part time umumnya tidak memiliki perlindungan yang baik terhadap penipuan, terutama masalah penggajian.

2. Disepelekan dan dianggap tidak profesional. Seringkali pekerjaan part time dianggap tidak penting dan sering tidak dihargai, padahal pekerja part time memiliki pekerjaan yang sangat penting.

3. Kadang bayaran tidak sesuai. Hal ini masih berkaitan juga sama poin nomor 1 diatas karena tidak adanya perlindungan.

4. Susah untuk kembali mencari pekerjaan. Berbeda dengan karyawan full time dan permanen yang memiliki kontrak kerja yang dilindungi oleh negara, karyawan part time jarang memiliki kepastian pekerjaan.

Kelebihan Kerja Part Time

1. Menambah Uang Jajan

Menambah uang jajan menjadi manfaat utama yang paling diincar oleh para jobseeker. Manfaat ini juga memiliki dampak yang bisa secara langsung dirasakan oleh pelakunya. Sudah sepatutnya sebuah perusahaan memberikan imbalan kepada karyawan termasuk pekerja part time, ketika mereka telah merampungkan tugasnya. Gaji atau imbalan pekerjaan part time memang tak akan sebesar gaji mereka yang full time. Meski begitu, bagi anak muda atau kalangan pelajar gaji tersebut terbilang cukup. Hal ini disebabkan kebutuhan mereka yang belum begitu besar.

Baca juga: Simak ! Keuntungan Kerja WFH

2. Belajar Mengenali Dunia Kerja

Menjadi seorang karyawan atau pekerja memang lekat dengan sebuah kantor. Inilah yang menjadi salah satu pembeda pekerja part time dengan mereka yang full time. Memang ada juga perusahaan yang mengharuskan Anda untuk ke kantor misalnya Anda bekerja sebagai pelayan toko atau restoran. Namun, terlepas dari keharusan Anda untuk ngantor, menjadi seorang parttimer akan mengantarkan Anda mengenali dunia kerja. Meskipun terkadang menjadi pekerja part time tak pernah bertatap muka dengan atasan, tapi Anda akan merasakan bagaimana memiliki bos, berkomunikas dengan atasan dan teman lain yang juga seprofesi.

3. Meningkatkan Manajemen Waktu

Bekerja part time mengharuskan Anda membagi waktu untuk aktivitas utama dan pekerjaan. Tuntutan itu secara tidak langsung akan membuat Anda belajar bagaimana memanajemen waktu dengan baik. Hal tersebut sejatinya layak dipahami oleh para part timer sejak awal. Pasalnya, jika Anda tidak mampu mengendalikannya, bisa-bisa Anda keteteran.

4. Meningkatkan Nilai

Anda tentu memiliki keinginan bekerja di perusahaan besar. Salah satu bekal yang bisa menjadi andalan adalah pengalaman dalam bekerja, meskipun part time. Ketika Anda membubuhkan pengalamanmu menjadi seorang part timer, HRD atau perusahaan akan lebih berpotensi untuk melirik.

Sekian artikel tentang kekurangan dan keuntungan kerja part time. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Inilah Keuntungan Menggunakan Jasa Head Hunter


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar