Apa Saja Keuntungan Kuliah Sambil Bekerja?
Siker.id | 02 Dec 2021 15:30


Bagikan ke
Saat Anda sedang kuliah sambil kerja maka secara otomatis Anda memiliki tanggung jawab besar. (siker)

siker.id - Pernahkah kalian terpikir untuk kuliah sambil bekerja? Untuk Anda yang belum pernah merasakan bekerja sekaligus menjadi pelajar pasti sudah terbayang akan susah dan super ribet. Tugas kuliah yang menumpuk ditambah lagi tugas kantor juga yang sangat banyak. Menjadi pelajar dan karyawan sekaligus memang nggak mudah. Tapi Anda perlu tau, banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika siap berkomitmen untuk kuliah sekaligus bekerja. Apa saja keuntungannya?

Baca juga: Berikut 7 Tips Berpakaian Saat Akan Interview Kerja

1. Lebih Bertanggung Jawab Dalam Menjalani Hidup

Alasan yang pertama, entah disadari atau tidak sebenarnya bekerja sambil kuliah lebih melatih kamu lebih bertanggungjawab dalam menjalani hidup. Bertanggungjawab atas semua waktu dan kesempatan hari ini untuk menjalankan tugas sebaik mungkin. Alasannya sederhana, karena tidak banyak waktu yang kamu miliki antara bekerja dan kuliah. Belum lagi jika ada banyak penelitian dari kampus. Belum lagi ada masalah di tempat kerja kamu.

2. Memiliki Peluang Kerja Lebih Baik

Dari segi peluang, tentu saja Anda yang sudah bekerja sambil kuliah memiliki lebih banyak peluang. Terutama peluang melamar kerja lulus kuliah. Tidak semua orang bersedia dan mampu menjalankan dua tugas dalam waktu bersamaan. Di dunia kerja, banyak organisasi atau perusahaan yang lebih melirik lulusan sarjana fresh graduate, tetapi sudah memiliki pengalaman kerja. Bagi mereka, mahasiswa yang baru lulus dan sudah memiliki pengalaman bekerja dianggap lebih mudah diatur dan cepat dalam beradaptasi.

3. Terlatih Menjadi Pribadi Tangguh

Kuliah dan bekerja bebannya sama-sama berat. Bayangkan melakukan keduanya secara bersamaan, beratnya bakal berkali-kali lipat. Harus berdamai dengan otak panas dan tubuh pegal-pegal setiap harinya. Saat sedang menjalaninya, rasanya sungguh menyiksa. Tapi hal ini bakal membuatmu lebih tangguh nantinya. Mendapat beban pekerjaan akan jadi terasa biasa karena Anda sudah terlatih mengerjakan hal yang lebih berat. Tidak hanya secara fisik, secara mental Anda juga akan menjadi lebih tangguh.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Cemas Saat Mencari Kerja?

4. Terlatih Mengelola Waktu Secara Efektif

Kuliah dan bekerja secara bersamaan menuntut kemampuan untuk mengelola waktu dengan baik. Kuliah, bekerja, bersosialisasi, dan bertemu keluarga harus bisa mendapat porsi waktu yang sesuai. Perlu kebijaksanaan dan komitmen kuat dalam pengelolaan waktu supaya masing-masing hal mendapatkan porsi waktu yang sesuai. Terbiasa mengelola waktu akan membuat Anda lebih disiplin. Skill pengelolaan waktu Anda yang terus diasah juga bisa menunjang kualitas hidup Anda.

5. Selangkah Lebih Maju

Bekerja sekaligus menjadi pelajar membuat Anda satu langkah lebih maju. Walaupun masih menjadi pelajar tapi Anda sudah memiliki pengalaman di dunia kerja. Sehingga nantinya saat Anda lulus, Anda tidak lagi jadi fresh graduate yang belum mempunyai pengalaman apa-apa. Anda akan jadi fresh graduate yang siap kerja dan berkompetisi.

6. Meningkatkan Kualitas Diri

Jika Anda memilih kuliah sambil bekerja Anda akan menambah kualitas dirimu, seperti menambah wawasan menjadi lebih luas, lebih mandiri, dewasa, dan juga memiliki pandangan yang lebih maju kedepan.

7. Mendapatkan Relasi

Jika Anda menjalani tugas dengan baik tentu saja orang-orang yang ada di sekelilingmu akan kagum, apalagi mereka tau kalau Anda kuliah sambil bekerja. Anda akan dipandang sebagai anak muda yang bertanggung jawab dan juga punya semangat tinggi untuk maju. Jadikan perjuangan Anda sebagai kesempatan untuk mencari relasi-relasi yang bisa dimanfaatkan kedepannya.

Sekian artikel tentang keuntungan kuliah sambal bekerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Sudah Siap Menghadapi Persaingan Kerja? Berikut Tipsnya!


Editor: Theo Adi -

0     0    

TAG :

Komentar