Bagaimana Menjaga Pola Hidup Sehat Saat Kerja Shift?
Siker.id | 23 Nov 2021 11:00


Bagikan ke
Bagi yang bekerja shift menjaga pola hidup sehat memang sangat diperlukan agar produktivitas dan tubuh tetap terjaga prima. (siker)

siker.id - Terkadang, profesi atau pekerjaan seseorang menuntutnya untuk bekerja di malam hari. Seperti dokter, petugas rumah sakit, pemadam kebakaran, dan masih banyak lainnya. Sedangkan, tubuh kita dirancang untuk beristirahat pada malam hari. Hal tersebut tentu bisa menyebabkan berbagai penyakit. Oleh karena itu, kita harus pintar menyiasati pola tidur dan kegiatan lainnya agar tubuh tetap sehat. Jadi, buat Anda yang kerja shift malam, yuk, simak tips menjaga kesehatan dan pola tidur berikut ini!

Baca juga: Tingkatkan Produktivitas Karyawan dengan Tips Ini

1. Sediakan Makanan Sehat di Rumah

Sediakan selalu makanan sehat, seperti berbagai sayuran dan buah-buahan di dapur Anda. Sehingga ketika Anda lapar, pilihan Anda hanya tertuju pada makanan sehat tersebut. Jika Anda mengantuk dan lapar pada malam hari, Anda bisa makan buah-buahan yang lebih sehat dibandingkan makan makanan instan.

2. Siapkan Makanan Sebelum Bekerja Shift

Hal ini bertujuan agar ketika Anda pulang dan merasa lapar, Anda dapat mengonsumsi makanan tersebut. Ketika Anda pulang, Anda mungkin sudah merasa lelah dan malas untuk memasak makanan. Dengan adanya makanan yang sudah dimasak sebelumnya, Anda hanya tinggal menghangatkannya saja beberapa menit dan langsung dapat Anda nikmati.

3. Berpikiran Positif (Positive Thinking)

Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Maksud dari kalimat ini, jika di dalam jiwa seseorang sehat (positive thingking) maka tubuh pun akan sehat. Untuk itu, teruslah berpikir positif dan memanage kondisi mental agar tidak mengalami stress yang berpotensi mengganggu kesehatan. Pikiran positif sangat penting bagi kehidupan dan kesehatan kita. Karena jika kita sering berpikiran buruk, energi yang buruk akan menyelimuti tubuh dan memicu stress sehingga kita harus menghindarinya.

4. Kendalikan Stres

Kelola emosi dengan baik, Jangan mudah untuk marah-marah, hal ini sangat penting, karena akan membuat habis energi tubuh dan juga tidak baik untuk hati nantinya. Jadilah orang yang mudah tersenyum dan ramah karena ini baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Perasaan seseorang seperti sedih, marah, cemas, kecewa, dll akan direspon oleh organ tubuh lainnya. Stress yang dialami oleh seseorang bisa menjadi pemicu terbentuknya radikal bebas di dalam tubuh, yang jika dibiarkan dalam jangka waktu panjang berakibat tubuh rentan terkena penyakit. Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat kita harus bisa mengendalikan stress yang kita miliki. Jangan pernah menganggap remeh penyakit stress ini. Stress yang tidak segera diatasi akan berubah menjaid depresi. Depresi merupakan tingkatan gangguan psikis yang lebih membahayakan dibandingkan dengan stress.

Baca juga: Berikut Tips Menata Ulang Tempat Kerja Agar Produktif

5. Konsumsi Makanan yang Sehat

Buat Anda yang kerja shift malam, tubuh memerlukan energi tambahan untuk tetap terjaga di malam hari. Namun, hindari makanan cepat saji. Oleh karena itu, konsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin. Selain itu, konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks, seperti pasta gandum, nasi merah, dan kentang. Sebaiknya juga mengkonsumsi makanan yang membuat tubuh tetap terhidrasi, seperti sup ayam, krim sup, dan makanan berkuah lainnya. Makanan lainnya yang harus dikonsumsi adalah makanan dengan lemak dan protein yang sehat, seperti buah alpukat, tempe, tahu, kacang-kacangan, dan telur.

6. Batasi Konsumsi Kopi

Sebagian besar orang mengkonsumsi kafein atau kopi untuk tetap terjaga saat malam hari. Namun, sebaiknya Anda membatasi konsumsi kopi terutama setelah jam 2 pagi. Anda bisa menggantinya dengan minum air putih atau jus. Jus mengandung gula yang dapat membantu meratakan metabolisme tubuh dan air untuk menjaga agar tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik.

7. Hindari Minum Alkohol

Alkohol memang dapat membantu Anda untuk tidur lebih cepat, tetapi alkohol sangat mempengaruhi keadaan setelah bangun tidur. Jadi, sebaiknya hindari untuk minum alkohol untuk membantu tidur agar tubuh tetap fit setelah bangun tidur dan siap untuk bekerja.

8. Makanlah sebelum Anda bekerja

Kerja dalam keadaan perut yang sudah kenyang akan membuat Anda lebih fokus bekerja. Selain itu, jika Anda masuk shift malam dan makan besar pada malam hari dapat menyebabkan perut bergas, heartburn, dan konstipasi atau sembelit. Makan malam juga bisa menyebabkan Anda mengantuk dan lesu sehingga dapat mengganggu pekerjaan Anda.

9. Bawa bekal makanan dari rumah

Makanan dari rumah tentu lebih sehat dibandingkan Anda membeli makanan di luar tempat kerja. Selain lebih sehat, juga dapat membantu Anda menghemat. Selain membawa bekal untuk makan besar, bawalah juga camilan sehat untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu Anda lapar. Anda dapat membawa camilan sehat, seperti buah, puding, roti, dan lainnya sebagai pengganti makanan jajanan Anda.

Sekian artikel tentang cara hidup sehat untuk persiapan kerja shift. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Dan jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Motivasi Diri Sendiri, Biar Makin Aktif dan Produktif


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar