Berikut Alasan Karyawan Sering Kerja Lembur
Siker.id | 24 Nov 2021 10:00


Bagikan ke
Banyak karyawan saat ini lebih menyukai kerja lembur karena adanya iming-iming tambahan uang lembur. (siker)

siker.id - Lembur merupakan kondisi waktu kerja yang melebihi batas waktu kerja, yang di Indonesia diatur dalam aturan resmi pemerintah. Karena melebihi batas waktu kerja, tentu diperlukan dasar atau alasan yang tepat untuk membuat pegawai melakukan lembur. Beberapa alasan umum yang mengharuskan pegawai melakukan lembur adalah kebutuhan bisnis atau kebutuhan meningkatkan kondisi kerja karyawan. Bahkan kerja lembur pun dapat menghilangkan hari libur. Penasaran kenapa pegawai melakukan lembur?

Baca juga: Simak ! Tips Melatih Kemampuan Problem Solving

1. Pekerjaan Menumpuk

Alasan paling umum karyawan lembur adalah pekerjaan yang menumpuk dan memang harus diselesaikan. Karyawan rela lembur karena memang waktu kerja biasanya tidak mencukupi untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang ada. Biasanya pekerjaan menumpuk terjadi saat perusahaan launching produk baru. Namun kalau hal ini terjadi secara terus menerus, berarti ada masalah dalam sistem kerja karyawan tersebut.

2. Permintaan Bisnis

Meningkatnya permintaan pada produk dan layanan menjadi alasan lainnya mengapa karyawan harus lembur. Hal ini dilakukan untuk memenuhi permintaan pasar yang ada. Pasalnya, permintaan tinggi berarti pendapatan perusahaan bisa bertambah. Namun menjadi beban juga pada karyawan. Lembur yang dilakukan untuk memenuhi permintaan bisnis mungkin tidak berlangsung lama, karena adanya pasang surut penjualan.

3. Kekurangan Pegawai

Alasan lembur yang ketiga adalah karena kekurangan pegawai. Ada beberapa alasan kenapa perusahaan tidak memiliki pekerja yang cukup. Salah satu diantaranya adalah karena kondisi perusahaan sedang tidak baik sehingga jika menambah pegawai, akan membuat pengeluaran bertambah. Efek domino dari kondisi ini adalah pekerjaan dilimpahkan pada pegawai yang lain.

Baca juga: Tingkatkan Produktivitas Karyawan dengan Tips Ini

4. Alasan yang Bersifat Pribadi

Ada pekerja yang menggunakan waktunya saat di kantor untuk mengatasi atau untuk menghadiri keperluan pribadi. Sedangkan di kantor sendiri memiliki ketentuan atau peraturan misalnya dalam pemenuhan jam kerja selama 1 minggu. Sehingga untuk memenuhi jam kerja tersebut, maka pekerja harus kerja lembur.

5. Panggilan Mendadak

Setiap karyawan atau pekerja tidak tahu kapan akan dipanggil secara mendadak, bahkan di hari libur sekalipun. Misalnya untuk teknisi IT ataupun mesin yang seharusnya libur saat sabtu minggu.

Sekian artikel tentang alasan orang kerja lembur. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Motivasi Diri Sendiri, Biar Makin Aktif dan Produktif


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar