Berikut Ini 7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru
Siker.id | 30 Nov 2021 14:00


Bagikan ke
Sebagai karyawan baru harus bisa kita beradaptasi pada lingkungan kerja yang baru. (siker)

siker.id - Memasuki tempat kerja yang baru, berarti Anda harus siap dengan segala perubahan iklim kerja, perubahan lingkungan pertemanan dengan rekan kerja, bos baru, tanggung jawab baru, gaji baru, serta kemungkinan akan tantangan baru. Di hari pertama bekerja, siapa pun akan merasa berdebar-debar dan sedikit cemas. Terkadang hingga grogi karena memang belum mengenal suasana di dalam kantor. Kemampuan adaptasi yang baik sangat diperlukan di sini. Pendeknya, semakin cepat Anda dapat beradaptasi, semakin cepat pula Anda dapat bekerja maksimal. Berikut tips yang akan membantu Anda beradaptasi di tempat kerja baru.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Stres di Tempat Kerja?

1. Cermati Budaya Kerja di Tempat Baru

Setiap lingkungan kerja tentu akan memiliki budaya kerja tersendiri, begitu juga dengan tempat kerja yang baru. Anda mungkin saja akan menemukan banyak perbedaan dengan lingkungan kerja yang lama. Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk beradaptasi adalah mencermati budaya kerja di tempat yang baru ini. Cermati budaya kerja di sana dengan baik, seperti: cara berkomunikasi, berpakaian, dan yang lainnya. Cobalah untuk mulai menyesuaikan diri dengan semua hal ini secara perlahan.

2. Bersikap Ramah dan Profesional

Saat memasuki lingkungan kerja yang baru, pastikan Anda bersikap ramah sejak awal. Penting untuk menunjukkan gestur yang tenang dan senyum ramah pada rekan kerja lainnya yang kamu temui di sana. Anda bisa menyapa mereka dengan sopan, sehingga kesan profesional tetap terlihat. Berikan kesan pertama yang hangat dan menyenangkan, sehingga kamu bisa lebih mudah untuk diterima di sana.

3. Tunjukkan Jika Anda Menyenangkan

Sebelum memulai pekerjaan di tempat baru, biasanya Anda dipersilakan untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu kepada rekan-rekan kerja Anda yang baru. Tunjukkanlah bahwa Anda adalah sosok yang menyenangkan. Tunjukkan juga bahwa Anda adalah sosok yang mau belajar dan bisa diajak kerja sama.

4. Jangan Sombong dan Bukalah Diri

Saat bekerja di tempat baru, Anda mungkin akan dihadapkan kepada hal-hal yang juga baru. Jangan sombong, dan bukalah diri Anda terhadap hal-hal baru tersebut. Ini akan menjadi cara Anda melakukan adaptasi terhadap lingkungan kerja baru Anda. Proses ini, jika dilakukan dengan benar, akan terasa menyenangkan. Selain mendapatkan pengetahuan baru, Anda juga bisa beradaptasi terhadap budaya di tempat kerja baru Anda.

Baca juga: Bosan di Tempat Kerja? Berikut Cara Mengatasinya!

5. Bicara dengan Volume yang Sama

Untuk beradaptasi di tempat kerja baru, cobalah untuk berbicara dengan volume yang sama dengan keadaan sekeliling Anda. Jika di tempat kerja yang baru orang-orang berbicara dengan suara pelan karena tuntutan pekerjaan, jangan sekali-kali mencoba berteriak atau bersuara keras. Perhatikan situasinya, volume suara adalah salah satu hal yang dapat Anda kontrol besar kecilnya.

6. Pelajari Perusahaan Sedetail Mungkin

Beradaptasi di tempat kerja baru berarti mempelajari detail-detail perusahaan. Baca website perusahaan, perdalam visi misinya dan hubungkan dengan visi misi pribadi Anda, sehingga Anda pun lebih termotivasi bekerja. Baca pula segala hal yang berhubungan dengan perusahaan yang terbuka untuk umum, seperti laporan tahunan, brosur, artikel majalah, dsb. Jika Anda memiliki senior yang dikenal, tanyakan kepadanya lebih banyak mengenai kultur kerja di kantor tersebut. Buat diri Anda familiar dengan nilai-nilai yang dianut perusahaan dan bahasa perusahaan dalam bekerja.

7. Atur Tempat Kerja Anda

Pelajari di mana Anda akan bekerja dan seberapa besar ruang kerja yang Anda miliki. Jika Anda harus berbagi meja dengan rekan kerja, bicarakan bagaimana pembagiannya dan bagaimana cara merapikannya. Atur tempat kerja dengan gaya yang membuat Anda semangat bekerja. Letakkan barang-barang yang Anda perlukan di tempat yang dekat dengan jangkauan. Atur tinggi kursi sehingga sesuai dengan tinggi Anda.

Sekian artikel tentang tips adaptasi dengan lingkungan kerja baru. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Cara Mengurangi Kecelakaan Kerja, Wajib Baca !


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar