icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Mengenal Pentingnya Sertifikasi Pelatihan untuk Jobseeker
Siker.id | 08 May 2024 17:00


Bagikan ke
Ilustrasi Pelatihan (siker.id/dok.freepik)

siker.id - Saat ini, dunia kerja semakin kompetitif. Bagi para pencari kerja, memiliki keunggulan kompetitif menjadi hal yang sangat penting. Salah satu cara untuk meningkatkan nilai diri di mata perusahaan adalah melalui sertifikasi pelatihan. Sertifikasi pelatihan adalah pengakuan resmi terhadap keahlian atau keterampilan tertentu yang telah kamu kuasai. Sertifikasi ini diberikan setelah kamu berhasil menyelesaikan suatu program pelatihan yang memenuhi standar tertentu. Yuk simak alasan mengapa sertifikasi pelatihan sangat penting bagi jobseeker.

Baca juga: 5 Strategi Meningkatkan Value Lulusan SMA/SMK di Dunia Kerja

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri Kamu

Memiliki sertifikasi pelatihan dapat meningkatkan kepercayaan diri kamu saat menghadapi wawancara kerja. Kamu akan merasa lebih yakin dan percaya bahwa kamu memiliki keterampilan yang diperlukan untuk sukses dalam pekerjaan yang kamu lamar.

2. Menunjukkan Komitmen dan Dedikasi

Proses untuk memperoleh sertifikasi pelatihan biasanya membutuhkan waktu, usaha, dan fokus yang konsisten. Dengan memiliki sertifikasi tersebut, kamu menunjukkan kepada calon pemberi kerja bahwa kamu memiliki komitmen dan dedikasi yang tinggi terhadap profesi atau industri tertentu.

3. Menambah Nilai dalam Pasar Kerja yang Kompetitif

Di tengah persaingan ketat untuk mendapatkan pekerjaan, memiliki sertifikasi pelatihan dapat membuat kamu lebih menonjol di antara pelamar lain. Perusahaan cenderung melihat sertifikasi sebagai bukti konkret bahwa kamu memiliki keterampilan yang relevan dan dapat memberikan nilai tambah segera setelah kamu bergabung.

Baca juga: 5 Alasan Penerapan SOP itu Penting bagi Karyawan

4. Membuka Peluang Karir yang Lebih Baik

Banyak perusahaan mengutamakan karyawan yang memiliki sertifikasi pelatihan terkait dengan pekerjaan yang mereka lamar. Misalnya, perusahaan teknologi akan lebih tertarik dengan calon yang memiliki sertifikasi terkait keamanan jaringan atau pengelolaan database.

5. Menambah Pengakuan Profesional

Sertifikasi pelatihan juga dapat meningkatkan reputasi dan pengakuan profesional kamu di industri tertentu. Ini dapat membuka pintu untuk jaringan yang lebih luas dan kesempatan kolaborasi dengan para profesional lain di bidang kamu.

Baca juga: Burnout? Berikut 6 Tips Healing Murah, Yuk Simak!

Untuk memulai perjalanan sertifikasi pelatihan, pilih bidang yang kamu minati, lalu tentukan bidang atau industri yang ingin kamu geluti. Pilihlah sertifikasi pelatihan yang relevan dan diakui di dalamnya. Rencanakan juga step pelatihanmu, cari tahu persyaratan dan kurikulum pelatihan untuk sertifikasi yang kamu inginkan jangan lupa tentukan jadwal dan sumber daya yang diperlukan untuk mencapainya. Semangatlah dalam mengikuti pelatihan dan persiapkan diri secara serius untuk ujian sertifikasi. Kamu bisa memanfaatkan sumber daya online dan buku-buku terkait untuk memperdalam pengetahuanmu. Setelah berhasil lulus ujian, tambahkan informasi ini ke dalam CV, profil linkedin, dan portofolio onlinemu.

Sertifikasi pelatihan dapat menjadi nilai tambah yang signifikan bagi para pencari kerja. Dengan memiliki sertifikasi, kamu tidak hanya meningkatkan keterampilan dan pengetahuanmu, tetapi juga meningkatkan daya saingmu di pasar kerja yang kompetitif. Jadilah proaktif dalam merencanakan dan mengejar sertifikasi pelatihan yang relevan dengan minat dan karirmu. Dengan begitu, kamu dapat meningkatkan nilai dirimu di mata perusahaan dan membuka pintu menuju peluang karir yang lebih baik.


Editor: Rahmawati Mahardika -

     

Komentar
Pencarian