Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Melakukan Presentasi Kerja Yang Menarik
Siker.id | 29 Nov 2021 10:30


Bagikan ke
Melakukan presentasi kerja yang menarik audiens memang perlu dilakukan agar audiens mampu memahami apa yang akan kita sampaikan. (siker)

siker.id - Gugup saat presentasi merupakan hal yang sering dialami beberapa karyawan, khususnya karyawan baru. Ketidakmampuan audience untuk memahami konteks pesan atau informasi yang disampaikan saat presentasi akan menghasilkan miskomunikasi yang menghambat kinerja. Waduh, penting juga ya ternyata presentasi! Bingung bagaimana cara melakukan presentasi yang efektif? Berikut beberapa tips presentasi yang bisa Anda lakukan di lingkungan kerja.

Baca juga: Berikut Ini Beberapa Tips Supaya Datang Tepat Waktu

1. Antusias Terhadap Topik Presentasi

Miliki antusias terhadap topik presentasi yang Anda bawakan. Ingat, antusias atau semangat itu menular. Cara agar Anda antusias terhadap topik presentasi yang Anda bawakan adalah yakini bahwa topik yang Anda sampaikan itu bermanfaat bagi audiens Anda. Anda dapat melakukan visualisasi manfaat topik yang hendak Anda bawakan bagi audiens Anda. Selain itu, sukailah dan pedulilah terhadap topik yang Anda bawakan. Ketika Anda berbicara mengenai topik yang Anda sukai dan peduli, maka akan timbul rasa antusias dari dalam diri Anda.

2. Fokus Pada Kebutuhan Audiens

Inti Anda melakukan presentasi adalah untuk memenuhi kebutuhan audiens. Kebutuhan audiens merupakan faktor kunci yang harus Anda penuhi. Untuk mengetahui kebutuhan audiens Anda, kenalilah profil demografi dan psikografis mereka. Coba Anda luangkan waktu untuk mendapatkan informasi demografi mengenai audiens Anda seperti : jenis pekerjaan, rentang usia, background pendidikan, jenis kelamin. Dengan pengetahuan tersebut di tangan Anda, maka Anda akan bisa menyusun materi presentasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

3. Mempersiapkan Diri Dengan Baik

Persiapan yang baik membantu setengah dari kesuksesan. Pernah dengar ungkapan tersebut? Ya, dengan adanya persiapan, tentunya Anda bisa memberikan presentasi yang baik. Persiapannya sendiri meliputi latihan berbicara, membuat materi yang terstruktur, hingga memikirkan audiens yang akan menyimak presentasi Anda. Nah, sejatinya, yang paling penting adalah untuk mengetahui siapa audiens Anda dan bagaimana karakteristik mereka.

4. Berikan Pembuka Yang Apik

Presentasi dengan pembukaan yang buruk akan membuat audiens tidak tertarik untuk mendengarkan lanjutan dari materi Anda. Maka dari itu, presentasi yang baik harus diawali dengan pembuka yang apik. Anda juga bisa membuka presentasi menggunakan cerita kehidupan diri sendiri.

5. Perhatikan Komunikasi Nonverbal

Saat Anda melakukan presentasi, panggung dan layar di depan adalah milikmu seluruhnya. Nah, presentasi yang baik bisa dinilai saat penyaji berhasil mengusai panggungnya. Sederhananya, pembicara tidak terpaku di tempatnya berdiri. Ia mampu untuk bergerak bebas sambil melakukan kontak mata dengan audiens. Hal ini disebut juga dengan kemampuan komunikasi nonverbal.

Baca juga: Tingkatkan Produktivitas Karyawan dengan Tips Ini

6. Eye Contact dan Gesture

Eye contact (tatapan mata) dan gesture yang Anda tunjukkan merefleksikan sikap ramah dan membangun relasi dengan audience. Hal ini membantu Anda rileks dalam berbicara, karena Anda berbicara dengan rekan kerja sendiri sebagai individu. Buat gerakan secara terbuka dan percaya diri secara alami di depan audience. Bahasa tubuh atau gesture juga tak boleh diabaikan. Pastikan bahwa Anda memberikan pesan yang tepat.

7. Gunakan Pedoman 10-20-30

Metode presentasi dengan pedoman 10-20-30, menyebutkan bahwa sebuah presentasi yang baik hendaknya memenuhi beberapa syarat, yaitu:

• Tidak boleh lebih dari 10 slide,

• Durasi tak lebih dari 20 menit,

• Ukuran font dalam slide presentasi tidak lebih dari 30 point.

Dengan pedoman di atas, slide untuk presentasi menjadi informatif, padat, dan diungkapkan lebih sederhana. Jangan lupa gunakan ilustrasi yang menarik dan relevan dengan pesan di dalam slide. Sisanya tergantung bagaimana cara penyampaian Anda.

8. Gunakan Desain Slide yang Menarik

Tampilan slide yang menarik akan menyedot perhatian audience kedepan. Informasi yang ditampilkan pada slide pun menjadi lebih estetik. Bagaimana jika Anda tidak mempunyai kemampuan desain? Jangan khawatir, Anda dapat menggunakan tools dan website yang menyediakan desain slide gratis dengan berbagai macam tampilan seperti Canva dan Visme.

Sekian artikel tentang tips melakukan presentasi kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini Tips Menjadi Karyawan Teladan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar