Berikut Beberapa Life Skill yang Perlu Dikuasai
Siker.id | 09 Feb 2022 16:00


Bagikan ke
Beberapa life skill yang perlu dikuasai. (siker)

siker.id - Istilah life skill mengacu pada keterampilan yang kamu butuhkan untuk memaksimalkan hidup. Keterampilan apa pun yang berguna dalam hidup kamu, dapat dianggap sebagai life skill. Secara umum, istilah life skill biasanya digunakan untuk keterampilan apapun yang diperlukan untuk menghadapi tantangan hidup dengan baik dan efektif.

Orang dengan life skill yang kuat dianggap memiliki kedewasaan dan profesionalisme. Mereka yang memiliki kemampuan ini cenderung tidak reaktif dan mereka sadar akan lingkungan dan diri mereka sendiri. Keterampilan hidup sangat penting untuk posisi manajemen dan kepemimpinan.

Berikut ini beberapa life skill yang perlu kamu kuasai:

Baca juga: Berikut 4 Super Skill yang Menjadi Incaran Perusahaan

Mengelola emosi

Dengan menguasai kecakapan pengelolaan emosi dapat membantu kamu bereaksi secara konstruktif terhadap orang atau peristiwa. Mempelajari cara mengelola emosi dapat bermanfaat bagi karir kamu dengan membantu untuk membuat pilihan yang rasional dan mengembangkan hubungan dengan orang lain.

Relasi interpersonal

Kecakapan interpersonal, termasuk keterampilan komunikasi tentang bagaimana kita berfungsi sebagai bagian dari tim, dan keterampilan negosiasi kita. Ketika berkomunikasi dengan orang lain, berlatihlah mendengarkan secara aktif dan kemudian ulangi apa yang telah dikatakan orang tersebut kepada kamu sebelum menanggapinya. Hal ini bentuk menghargai lawan bicara.

Komunikasi yang efektif

Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif sangat penting dalam semua bidang kehidupan. Kamu harus dapat berkomunikasi tidak hanya secara verbal tetapi juga melalui tulisan dan bahkan bahasa tubuh. Keterampilan komunikasi dapat mencakup mendengarkan secara aktif, berbicara di depan umum, keterampilan presentasi, komunikasi verbal, dan komunikasi tertulis.

Baca juga: Berikut Skill yang Wajib Dipelajari Digital Marketing

Mengatasi rasa stres

Manajemen stres yang efektif membantumu memecahkan stres tertahan, sehingga bisa lebih bahagia, lebih sehat, dan lebih produktif. Tujuan utamanya adalah kehidupan yang seimbang, antara waktu untuk bekerja, hubungan, relaksasi, dan ketahanan untuk bertahan di bawah tekanan dan menghadapi tantangan secara langsung.

Membuat keputusan

Membuat keputusan adalah life skill yang penting baik di dalam maupun di luar tempat kerja. Tingkat kepercayaan diri diperlukan untuk membuat keputusan yang tegas. Keterampilan pengambilan keputusan mencakup pemikiran kreatif, fokus, prioritas, dan manajemen waktu.

Sekian artikel tentang beberapa jenis life skill yang perlu dikuasai. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 4 Skill IT yang Banyak Dicari Perusahaan


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar