Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 3 Tips Kerja Cerdas yang Benar
Siker.id | 27 Jan 2022 12:30


Bagikan ke
Tips kerja cerdas. (siker)

siker.id - Apa itu kerja cerdas? Kerja cerdas juga disebut kerja cepat, di mana Anda punya teknik tertentu untuk menyelesaikan pekerjaan dengan efektif dan efisien. Cara kerja cerdas tergantung pada kepribadian dan gaya Anda bekerja. Umumnya, bekerja cerdas adalah aktivitas di mana Anda fokus mengerjakan hal yang penting saja. Kerja cerdas berbeda dengan kerja keras. Namun, jika kerja keras disertai kerja cerdas, hasilnya akan maksimal.

Banyaknya pekerjaan dan tekanan sering kali menjadi pemicu stres dan panik. Sayangnya, masih banyak karyawan yang tidak mampu mengatasi masalah ini. Banyak juga yang menganggap lembur bisa menyelesaikan banyak tanggung jawab. Faktanya, lembur tidak selalu efektif. Lembur juga berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Inilah alasan mengapa Anda perlu belajar untuk bekerja dengan cerdas. Berikut strategi bekerja dengan produktif dan efisien.

Baca juga: Tips agar Tidak di Bully di Dunia Kerja

Buat Daftar Rencana Pekerjaan

Tidak punya daftar pekerjaan apa saja yang mesti dikerjakan tiap hari bisa membuat kalian stres berkepanjangan. Rasanya selalu saja ada pekerjaan yang tak kunjung selesai. Sebalnya lagi, kalian harus dikejutkan oleh deadline di depan mata.

Pekerjaan kalian tak akan pernah produktif kalau masih saja memakai cara serampangan. Kebingungan dan kegelisahan akan mendominasi mood sepanjang hari, setiap hari. Bagaimana, kalian betah dengan hidup tanpa daftar perencanaan?

Mulai sekarang, ketahui manajemen waktu supaya lebih produktif dalam bekerja, coba buat daftar pekerjaan apa saja yang hendak kalian kerjakan hari ini. Agar lebih gampang, urutkan jenis pekerjaan dari pagi sampai malam menjelang tidur. Rutin tiap hari.

Kalian bisa menulis tangan di catatan kecil seperti sticky note, menempelkan di tepian layar komputer, di papan kerja, di cermin, atau di tempat yang sekiranya kalian mudah mengakses. Tapi jangan coba menghindar untuk tidak membacanya. Itu sama saja bohong.

Tetapi jika kalian buat catatan pengingat di smartphone, kalian tak akan mudah menghindar begitu saja. Reminder yang kalian aktifkan mau tak mau memecut kalian supaya mengerjakan sesuai daftar pekerjaan yang kalian buat sendiri.

Baca juga: Tips Anti ghosting bagi Para Pencari kerja

Mengerjakan Satu Persatu

Multitasking tidak selamanya membuat pekerjaan Anda selesai lebih banyak. Multitasking justru membuat Anda hilang fokus dalam bekerja. Mengerjakan tugas satu persatu membantu Anda berkonsentrasi menyelesaikan tugas tertentu saja. Hal ini justru membuat kerja Anda semakin maksimal.

Menentukan Skala Prioritas

Cobalah untuk menentukan skala prioritas pekerjaan Anda. Jika itu penting dan mendesak, kerjakanlah pekerjaan tersebut terlebih dahulu. Namun, apabila masih ada jeda waktu yang panjang, Anda bisa mengerjakan hal lainnya. Anda harus membatasi untuk menyelesaikan tugas berat 1 hingga 2 pekerjaan saja setiap hari. Selanjutnya, diikuti dengan 2 atau 3 pekerjaan ringan untuk melengkapi tugas harian Anda.

Sekian artikel tentang tips kerja cerdas yang benar. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Etika Dasar dalam Dunia Kerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar