3 Etika Dasar dalam Dunia Kerja
Siker.id | 26 Jan 2022 15:15


Bagikan ke
Etika dasar dalam dunia kerja. (siker)

siker.id - Etika dalam bekerja merupakan aturan normatif yang berisi prinsip moral dan sistem nilai yang menjadi pedoman ketika bekerja. Aturan ini dibuat untuk membatasi perilaku individu agar tidak mengganggu individu lainnya di lingkungan kerja.

Etika karyawan atau etika di tempat kerja dapat menjadi rambu-rambu bagi karyawan dalam bersikap dan berinteraksi satu dengan yang lainnya. Hal ini sesuai dengan prinsip pengembangan diri dalam organisasi untuk mencapai tujuan bersama.

Anda perlu mematuhi aturan normatif yang berlaku agar dapat menyikapi dan memaknai pekerjaan dengan baik sehingga Anda bisa terlihat jauh lebih profesional. Berikut beberapa etika yang ada dalam dunia kerja!

Baca juga: 5 Situs Kuliah Online Terkenal di Dunia

Perhatikanlah penampilan saat di kantor

Salah satu bentuk penerapan etika di tempat kerja adalah memerhatikan penampilan ketika di kantor. Sebaiknya, kamu ketahui standar atau aturan berpakaian yang ada di kantormu. Kalau kantormu tipikal perusahaan formal, maka kamu wajib kenakan pakaian seperti celana kain, kemeja putih, dasi, dan juga jas.

Sementara itu, kalau kamu bekerja di startup atau perusahaan kreatif, maka outfit yang lebih informal seperti celana jeans, kaus, dan sweater, atau model lainnya dapat dipakai. Memerhatikan penampilanmu di kantor bisa membantumu menyesuaikan diri dengan budaya kantor, sekaligus menampilkan citra profesionalmu.

Hormatilah semua orang yang ada di kantor

Setiap orang pasti ingin dihormati, begitu pun dengan orang yang ada di kantormu. Untuk itu, cobalah untuk menghormati semua orang yang ada di kantormu.

Ada beberapa bentuk penghormatan yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan etika di tempat kerja ini. Sebagai contoh, dengan tidak mengganggu rekan kerja yang sedang sibuk bekerja. Jika kamu malah mengganggunya, kemungkinan dia akan marah dan merusak hubungan kalian. Dengan tak menghormati dan tak mengganggu saat bekerja akan membuat orang lain memiliki pandangan yang baik terhadapmu. Tentunya akan membawa banyak manfaat untuk jenjang kariermu.

Baca juga: 5 Tips Berteman dengan Rekan Kerja Senior

Menjaga kebersihan lingkungan kerja

Ada atau tidak adanya petugas kebersihan di kantor, setiap karyawan wajib menjaga kebersihan. Ada rasa memiliki yang tumbuh sehingga dapat mencintai tempat kerja seperti rumah sendiri. Jangan mengotori meja kerja serta lantai di ruangan dan lingkungan kantor.

Pastikan juga Anda tidak membuang sampah sembarangan. Petugas kebersihan memiliki deskripsi pekerjaan masing-masing dengan target yang harus dicapai. Mereka ditugaskan membersihkan area tertentu secara urut dengan waktu dan durasi yang telah ditentukan. Jika Anda menumpahkan minuman ke lantai, sebaiknya Anda membersihkannya sendiri. Menjaga kebersihan termasuk salah satu etika dalam bekerja.

Sekian artikel tentang etika dalam bekerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 5 Tipe Rekan Kerja di Kantor


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar