icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tips agar Tidak di Bully di Dunia Kerja
Siker.id | 26 Jan 2022 21:15


Bagikan ke
Tips tidak dibully di dunia kerja. (siker)

siker.id - Suatu kegiatan bullying atau perisakan bisa terjadi kepada siapa saja dan dimanapun. Bullying dapat terjadi tidak hanya pada remaja disekolah akan tetapi, bullying juga sering terjadi di tempat kerja. Hanya saja, bullying di tempat kerja tidak bisa semudah itu dikenali tanda-tandanya. Terkadang, bullying begitu terselubung sehingga Anda yang menjadi korbanpun tak menyadarinya. Namun, jikalau bullying sudah begitu menganggu maka sebaiknya jangan terburu-buru untuk mengundurkan diri dari perusahaan. Sebelum memilih jalan terakhir anda sebaiknya mengetahui terlebih dahulu tanda-tanda bullying kayak gimana sih. Hal tersebut dapat dimisalkan seperti merasakan tekanan dari rekan kerja di kantor, di remehkan orang lain. Tanda-tanda tersebut lebih mengarah pada acuan fisik sekaligus mental para pekerja. Namun, pada umumnya anda sebagai karyawan akan merasakan kehilangan kepercayaan diri ,bahkan depresi dan kehilangan motivasi dalam bekerja. Jadi, perilaku bullying di kantor biasanya dilakukan dengan sengaja, lalu penuh dengan perhitungan sekaligus yang dapat melakukan hal tersebut adalah orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Berikut ini beberapa tips agar tidak di bully di dunia kerja:

Baca juga: Tips Menghadapi Bullying di Tempat Kerja

Tetapkan batas toleransi

Orang yang melakukan tindakan pembullyan atau sering dijuluki dengan kata “si penganggu” tidak akan berhenti atau pergi menjauh begitu saja. Jika kamu membiarkan diri sebagai sasaran empuk si penganggu, maka itu akan membuatnya semakin semangat untuk mem-bully kamu. Memang karakteristik tiap orang berbeda-beda . Seseorang berperilaku menjengkelkan itu bisa karena memang pembawaan dan wataknya seperti itu, atau karena ada rencana untuk membuat jengkel seseorang. Hal tersebut memang sepele akan tetapi tidak bisa dibiarkan begitu saja. Jika anda tidak bisa menetapkan batas toleransi terhadap perilaku rekan kerja maka, akan sulit kedepannya untuk mencegah tindakan bullying.

Baca juga: Berikut 5 Batasan yang Harus Ada di Tempat Kerja

Menghadapi dengan keberanian

Menghadapi rekan kerja yang sering menganggu mungkin adalah sesuatu hal yang berat. Namun, jika kalian hanya diam saja ketika si penganggu membuatmu tidak nyaman bekerja maka, hal tersebut hanya akan membuat kamu merasa tertekan di tempat kerja. Setelah mengetahui perilaku apa saja yang tidak bisa kamu terima dari si penganggu, latih lah keberanian anda dengan menyampaikan hal tersebut kepada si penganggu.

Sekian artikel tentang tips tidak dibully di dunia kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Cara Merespon Kritikan di Tempat Kerja


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar