Tips Anti ghosting bagi Para Pencari kerja
Siker.id | 26 Jan 2022 20:30


Bagikan ke
Anti ghosting buat para pencari kerja. (siker)

siker.id - Saat kita ingin melamar pekerjaan pasti kita akan mendengar tidak sedikit kalimat yang bisa disebut dapat dijadikan makanan sehari-hari bagi para pencari kerja setelah melamar pekerjaan. Biasanya, HRD memerlukan waktu sebelum menginformasikan kembali apakah kandidat tersebut sesuai dengan kualifikasi yang diminta. Namun kenyataannya, dapat bisa dilihat yakni beberapa HRD justru menghilang berbulan-bulan tanpa memberi kejelasan sekaligus kepastian status si para pekerja. Fenomena atau kejadian tersebut sering disebut hilang ataupun ghosting. Sebelum membahas tips anti ghosting bagi para pekerja,mari kita mengetahui terlebih dahulu tentang ghosting itu seperti apa sih. Ghosting merupakan mengakhiri sebuah hubungan tanpa memberi peringatan atau ijin terlebih dahulu. Saat kita menggunakan kata ghosting akan muncul akibat dari tren aplikasi teman online yang memungkinkan seseorang dapat berkenalan dengan orang lain dalam waktu yang relatif singkat. Ghosting ini juga bisa menyebabkan seseorang merasa dipermainkan dan tidak dihargai atas usahanya selama ini. Berikut ini beberapa tips anti ghosting bagi para pencari kerja:

Baca juga: 5 Tipe Rekan Kerja di Kantor

Gantilah format cv anda

Perlu dingat lagi bahwa alasan pertama HRD nge ghosting lamaran kamu karena jumlah cv yang di terima recruiter tentunya tidak sedikit, apalagi jika kamu melamar di perusahaan besar yang memiliki banyak peminat. Beberapa perusahaan menggunakan aplikasi ATS. ATS berfungsi untuk menyeleksi CV yang cocok dengan kualifakasi. Application Tracking System adalah aplikasi penyaring kandidat berdasarkan persamaan kata kunci yang tertera di CV dan lowongan pekerjaan. Setelah CV diterima, ATS akan mengirimkan balasan otoatis ke email kandidat untuk memberi tahu bahwa lamaran sedang diseleksi. Jika CV kamu lolos seleksi ATS maka, peluang untuk lanjut ke tahap wawancara menjadi lebih besar.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Aktuaria

Lakukan Follow Up HRD

HRD akan memaklumi anda jika kalian menanyakan status kejelasan kepada mereka setelah 2 minggu berlalu. Jadi, sikers tidak perlu merasa sungkan untuk menghubungi duluan. Sebelum bertanya, pastikan kamu menyusun kalimat dengan baik dan sopan yaa. Menanyakan status lamaran pekerjaan menunjukkan tanda bahwa kamu benar-benar serius dan tertarik dengan posisi tersebut. Tetapi, jangan mengirim pesan terus-menerus karena akan merasa risih atau tidak nyaman.

Sekian artikel tentang tips anti ghosting bagi pencari kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 5 Alasan Tidak Masuk Kerja yang Masuk Akal


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar