Berikut Tips Mengatasi Panic Attack di Tempat Kerja
Siker.id | 12 Dec 2021 11:30


Bagikan ke
Mengatasi panic attack di tempat kerja. (siker)

siker.id - Gangguan panik bisa menjadi kondisi yang sulit untuk diatasi. Anda mungkin telah menemukan bahwa gejala bisa sangat sulit untuk dikelola saat sedang bekerja. Selain itu, merasa khawatir rekan kerja atau atasan akan mengenali gangguan kecemasanmu. Mengkhawatirkan akan kemunculan serangan panik justru dapat memicu serangan panik serta meningkatkan stres di kantor. Untuk alasan ini, menangani gangguan panik di tempat kerja bisa sangat menantang. Namun, ada banyak cara yang bisa dipelajari untuk mengelola gejala gangguan panik saat bekerja.

Baca juga: Bagaimana Cara menghadapi Kritik di Tempat Kerja?

1. Ketahui Pemicu

Meskipun banyak serangan panik datang tanpa pemicu yang diketahui, beberapa dipicu oleh peristiwa di tempat kerja. Langkah tercepat adalah menghindari apa yang memicu serangan panik, dan langkah berikutnya adalah menyadari kapan serangan panik dimulai dan segera permisi untuk mencari tempat tenang sejenak. Tenangkan diri sejenak kemudian kembali lagi ke pekerjaan.

2. Selalu Rencanakan ke Depan

Setelah mengidentifikasi pemicu dan memahami gejala serangan panik, sekarang saatnya membuat rencana yang dapat digunakan saat Anda sedang bekerja. Memiliki rencana bagaimana mengelola kepanikan di tempat kerja dapat mengurangi kekhawatiran Anda tentang serangan panik dikala bekerja. Rencana dapat terdiri dari cara-cara untuk mengurangi stres, seperti mendengarkan musik yang menenangkan, meditasi saat istirahat makan siang, atau sekadar berhenti sejenak untuk melatih pernapasan.

3. Kembangkan Koping Sistem

Agar strategi koping dapat bekerja maksimal, kamu perlu melatihnya saat dalam keadaan santai. Sisihkan waktu setiap hari untuk mempraktikkan teknik relaksasi yang berbeda. Beberapa keterampilan koping yang umum termasuk berhenti berpikir, relaksasi otot progresif, dan latihan pernapasan dapat menjadi upaya untuk membangun ketenangan diri.

Baca juga: Berikut Tips Mengatasi Overthinking di Tempat Kerja

4. Dukungan dari Lingkungan

Pada akhirnya, Anda tidak bisa menjalani ini sendirian. Anda perlu menjelaskan situasi ke rekan kerja dan atasan sehingga mereka dapat melakukan sesuatu ketika serangan panik muncul. Setidaknya mereka tidak merasa terganggu ataupun heran ketika mendadak Anda mengalami serangan panik. Memiliki dukungan sosial juga dapat membantu menghilangkan stres yang mungkin Anda rasakan tentang pekerjaan dan mengurangi kesepian yang mungkin Anda alami.

5. Latih Pernapasan

Selama serangan panik, respons melawan dari tubuh kita akan diaktifkan dan melepaskan adrenalin sehingga meningkatkan detak jantung dan pernapasan. Mencoba bernafas perlahan mensugesti tubuh bahwa tubuh bisa sedikit lebih lega. Pernapasan terfokus memusatkan tubuh kita saat kita “dibajak” oleh gelombang kepanikan. Seperti hasil Penelitian yang di lansir huffpost.com telah mengaitkan berlatih pernapasan akan mengurangi tingkat stres serta kecemasan dan emosi negatif.

Sekian artikel tentang tips mengatasi panic attack. Bila menyukai artikel ini Anda bisa bagikan ke semua orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Mengatasi FOMO Agar Lebih Produktif Kerja?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar