Berikut Tips Mengatasi Overthinking di Tempat Kerja
Siker.id | 10 Dec 2021 13:15


Bagikan ke
Menghindari overthinking perlu agar kita bisa lebih giat dalam kerja. (siker)

siker.id - Agar dapat produktif dalam bekerja, sebaiknya Anda harus tahu bagaimana cara mengatasi overthinking dengan baik. Tak bisa dimungkiri, overthinking bisa menjadi salah satu penghambat untuk tetap produktif dalam bekerja. Beban pikiran yang berlebihan membuatmu tidak akan fokus ketika di kantor. Alhasil, Anda tidak bisa menyelesaikan pekerjaanmu dan berpotensi kena teguran dari atasan. Lalu bagaimana sih cara mengatasi overthinking? Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi munculnya overthinking!

Baca juga: Berikut Ini Manfaat Sertifikasi Profesi Dalam Dunia Kerja

1. Cari Tahu Pemicu

Overthinking dipicu karena sedang mengalami suatu masalah, sehingga merambat hal yang tidak perlu dipikirkan. Untuk itu, sebaiknya Anda menguraikan dan mencari sebenarnya apa penyebab awal pemicunya. Hal ini berguna untuk meningkatkan kesadaran diri akan rawannya diri Anda jika memiliki permasalahan.

2. Melakukan Hal yang Disukai

Cara terbaik agar tidak overthinking adalah dengan menyibukkan diri dengan hal disukai agar tidak menambah beban lagi. Hal ini melatih fokus serta membuat rasa lupa akan kekhawatiran yang berlebih. Anda dapat menulis hal yang terlintas di pikiran, olahraga, memasak, melukis, ataupun meditasi.

3. Memberi Jeda Agar Mental Tetap Stabil

Waktu istirahat mungkin susah untuk dicari. Tapi, penting untuk melakukannya dan menjaga kewarasan. Seringkali, ketika tidak memberi waktu jeda saat pikiran sedang menumpuk, benang-benang di dalam otak terasa penuh dan Anda menjadi susah untuk melihat solusi. Anda perlu untuk melatih diri agar melihat sesuatu secara berbeda. Saat Anda terlalu banyak berpikir, Anda mengerahkan tenaga untuk memikirkan sesuatu yang mungkin saja tidak terjadi. Untuk melanjutkan pekerjaan, cobalah untuk mengulur waktu melakukan hal yang berbeda.

Baca juga: Berikut Ini Tips Pindah Kerja Masa Pandemi

4. Melakukan Hal Lain di Luar Pekerjaan

Metode praktis lain untuk menghentikan pikiran Anda dari overthinking adalah dengan mengubah lingkungan. Daripada hanya mengatakan, “Berhenti berpikir,” Anda dapat menghindari lingkaran tak berujung di kepala dengan menempatkan sesuatu di depannya untuk mengalihkan perhatian. Lakukan apa pun yang Anda bisa yang tidak terkait dengan masalah yang membuat Anda overthinking. Melepaskan diri dari subjek yang membuat pikiran Anda kacau akan memberi Anda waktu untuk menenangkan diri dan kembali ke masalah dengan pikiran yang segar.

5. Berhenti Jadi Perfeksionis

Kebanyakan orang overthinking karena merasa dirinya kurang dalam menyelesaikan pekerjaannya. Kurang cerdas, kurang rapi, kurang bagus, dan kurang-kurang lainnya. Oleh karena itu, cara yang tepat untuk mengatasi overthinking adalah dengan berhenti jadi perfeksionis. Terkadang, menyelesaikan pekerjaan tepat waktu lebih baik daripada membuat pekerjaan sesempurna mungkin.

6. Awali Hari Dengan Baik

Salah satu cara mengatasi overthinking adalah memulai hari dengan kebahagiaan. Misalnya, bangun pagi, lalu menyiram tanaman ataupun langsung sarapan. Jika ada waktu, mungkin kamu bisa olahraga sejenak sebelum sarapan dan mandi, lalu kemudian berangkat kerja. Cara ini cukup ampuh untuk membuat pikiran-pikiran negatif yang mungkin menempel di malam hari hilang dari kepalamu.

Sekian artikel tentang tips mengatasi overthinking di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini Manfaat Sertifikasi Profesi Dalam Dunia Kerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar