icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bagaimana Mengatasi FOMO Agar Lebih Produktif Kerja?
Siker.id | 11 Dec 2021 14:00


Bagikan ke
FOMO adalah suatu kecemasan dimana penderitanya cemas bila tidak update info terbaru di media sosial. Berikut cara mengatasi FOMO agar kerja lebih produktif. (siker)

siker.id - Saat ini, fear of missing out (FOMO) bukanlah sesuatu yang asing lagi. Banyak orang mengalami dan membutuhkan cara untuk mengatasi FOMO. Pada dasarnya, FOMO adalah perasaan cemas yang timbul akibat takut ketinggalan sesuatu yang baru, seperti tren, informasi, berita, dan sebagainya. Survey menyebut generasi milenial pernah atau sering mengalami FOMO. Penyebabnya pun beragam, salah satunya yaitu paparan konten media sosial. Oleh karena itu, FOMO harus segera diatasi agar tidak mengganggu aktivitas dan perasaan siapa pun yang mengalaminya.

Baca juga: Berikut Ini Cara Membuat Perusahaan Lebih Produktif

1. Tulis Setiap Pencapaian yang Sudah Dilakukan

Untuk menghindari perasaan tertinggal dari orang lain, cobalah untuk menuliskan setiap pencapaian yang sudah Anda lakukan. Hal ini akan meningkatkan keyakinan terhadap diri sendiri untuk bisa melakukan berbagai hal. Anda juga bisa lebih berfokus untuk mengejar pencapaian lainnya. Selain itu, cobalah untuk membuat target pencapaian. Cara ini bisa membuat Anda lebih giat dan bersemangat untuk bekerja.

2. Jangan Membandingkan dengan Orang Lain

Mulai saat ini, Anda harus yakin dan percaya bahwa setiap orang memiliki kemampuannya masing-masing. Begitu juga dengan Anda! Karena jika terus membandingkan diri dengan orang lain menandakan bahwa Anda tidak percaya dengan kemampuan yang Anda miliki. Cobalah untuk mengurangi perbandingan dan lebih berfokus untuk meningkatkan kemampuan dan skill yang Anda punya!

3. Fokus pada Pengalaman Bukan Objek

Biasanya hal yang selalu membuat kita iri pada orang lain adalah berbagai objek yang mereka punya, seperti rumah, mobil, atau smartphone. Oleh karena itu, cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi FOMO adalah fokus pada pengalaman yang kamu miliki, bukan objek. Anda bisa menikmati petualangan, pencapaian, koneksi, dan sebagainya. Hal-hal tersebut akan membuat Anda memiliki kesenangan yang lebih lama daripada sekadar memiliki sebuah objek.

Baca juga: Berikut Tips Menata Ulang Tempat Kerja Agar Produktif

4. Sibukkan Diri dengan Olahraga (Working Out)

Menyibukkan diri adalah solusi yang tepat untuk mencegah dan mengatasi gangguan FOMO. Salah satunya adalah dengan berolahraga. Dengan working out, secara tidak sadar akan menjauh dari ponsel dan aktivitas dunia maya. Kegiatan ini akan membuat Anda lupa dengan gadget walaupun hanya untuk sementara waktu. Namun, jika Anda melakukannya secara rutin, dijamin rasa cemas kamu terhadap kehidupan orang lain di media sosial lama-lama akan berkurang.

5. Pergi ke Toko Buku atau Perpustakaan

Selain workout atau olahraga, untuk mengatasi sindrom Fear of Missing Out dan demi mengubahnya menjadi Joy of Missing Out, Anda bisa menyibukkan diri dengan hal lainnya seperti membaca buku. Membaca buku memang terdengar membosankan. Oleh karena itu, cobalah membaca buku-buku yang ringan dan penuh hiburan. Misalnya, komik atau novel yang bisa membuat kamu tertawa.

6. Anda Tidak Harus Punya Segalanya

Salah satu ciri FOMO adalah kamu ingin memiliki banyak hal yang dimiliki oleh orang lain. Kebutuhan itu terbatas. Namun, keinginan itu tidak terbatas. Tanamkan di dalam dirimu bahwa kamu tidak harus punya segalanya. Kamu tidak harus memenuhi segala keinginan yang terlintas di pikiranmu. Setidaknya, kamu bisa mencukupi berbagai kebutuhanmu. Buatlah prioritas dari apa yang sangat kamu butuhkan hingga yang sekadar keinginan.

Sekian artikel tentang tips mengatasi FOMO. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Motivasi Diri Sendiri, Biar Makin Aktif dan Produktif


Editor: Theo Adi -

     

Komentar