Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Stres di Tempat Kerja?
Siker.id | 29 Nov 2021 19:30


Bagikan ke
Stress ditempat kerja tidak dapat kita hindarkan dan itu sudah sering terjadi dan dirasakan banyak karyawan. (siker)

siker.id - Pekerjaan yang seperti tidak habisnya, tekanan kerja, serta jenuh terhadap rutinitas pekerjaan yang itu-itu saja. Sering kali menjadi pemicu stres kamu ditempat kerja. Tidak hanya itu masalah keluarga yang terkadang seringkali terbawa-bawa di tempat kerja juga menambah sederet daftar pemicu stres ditempat kerja. Dan bukan tidak mungkin, jika tidak ditangani dengan cepat tingkat stres kamu yang semakin besar akan berakibat fatal. Dimulai dari menurunnya kinerja kerja kamu sampai hengkangnya kamu dari dari perusahaan tempat kamu bekerja, akibat tekanan dalam pekerjaan yang membuat tingkat stres bertambah. Berikut ini tips mengatasi stress di tempat kerja yang bisa Anda coba!

Baca juga: Mengapa Banyak Karyawan Mengalami Stres Kerja?

1. Kenali Batas Kemampuan

Mengenali batas kemampuan kamu dalam melaksanakan pekerjaan adalah penting untuk dilakukan. Kalau sudah mengenalnya dengan baik, maka Anda bisa mengoptimalkan waktu yang dibutuhkan dan strategi yang harus dilaksanakan agar pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik serta menghindari kelelahan berlebihan.

2. Sharing dengan Rekan Kerja

Buka obrolan dan sharing dengan rekan dapat menciptakan suasana kerja yang lebih positif. Dengan bersikap positif dan optimis, Anda bisa rileks sejenak dan suasana kerja akan terasa lebih nyaman.

3. Lupakan Pekerjaan Sejenak

Beban dan target pekerjaan tidak jarang membuat orang menjadi stres. Makanya, it’s okay, kok, kalau Anda ingin melupakan pekerjaan sejenak. Cari hiburan yang bisa membuat pikiran dan tenagamu kembali pulih, seperti menonton film, karaoke, berkebun, bermain dengan hewan peliharan, dan masih banyak lagi.

4. Tariklah Nafas Dalam-Dalam

Cara yang bisa Anda coba ketika stres di pekerjaan menghampiri adalah, bernafaslah dalam-dalam. Karena pada saat stres, tubuh Anda cenderung bernafas lebih cepat dari biasanya. Cara ini dapat membuat tubuh Anda rileks dan mengurangi tingkat stres kamu. Coba lakukanlah cara ini berulang kali.

5. Mendengarkan Musik

Tahukah Anda salah satu ciri orang jenius adalah senang mendengarkan musik. Karena dengan mendengarkan musik selain Anda akan menjadi lebih rileks, mendengarkan musik juga dapat mengurangi tingkat stres Anda. Sama seperti sayuran hijau yang dapat meningkatkan mood, musik juga mempunyai kemampuan sihir yang sama untuk mengembalikan mood kamu.

Baca juga: Manfaat Mendengarkan Musik, Ampuh Hilangkan Stres?

6. Lakukan Olahraga Kecil

Melakukan perenggangan tubuh atau stretching saat bekerja, membantu Anda melancarkan peredaran darah ke seluruh bagian tubuh, juga otak. Lakukan sedikit olehraga jika tubuh dan pikiran Anda lelah dan jenuh dengan pekerjaan. Hal ini tidak hanya dapat membuat kamu lebih rileks namun juga membuat menurunkan tingkat stres kamu akan pekerjaan.

7. Jaga Pola Hidup

Hectic-nya pekerjaan kerap membuat kita lupa untuk menjalani gaya hidup sehat. Menurut Mayo Clinic, istirahat yang cukup, konsumsi vitamin dan makanan bergizi serta berolahraga dapat membantu melindungi kesehatan fisik dan mental dari stres pekerjaan.

8. Lakukan Mindfulness

Mindfulness adalah ketika Anda sadar dan fokus pada momen yang sedang Anda alami tanpa adanya interpretasi. Secara garis besar, teknik yang dilakukan saat mindfulness adalah sebagai berikut:

• Duduk dengan posisi senyaman yang didapat

• Bernafaslah seperti biasa

• Coba untuk fokus merasakan setiap tarikan dan hembusan nafas

Sekian artikel tentang cara mengatasi rasa stress di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Mengapa Sering Terjadi Konflik Kerja di Perusahaan?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar