Bagaimana Cara menghadapi Kritik di Tempat Kerja?
Siker.id | 11 Dec 2021 16:00


Bagikan ke
Cara menghadapi kritikan-kritikan ditempat kerja. (siker)

siker.id - Hampir semua karyawan pasti mengetahui jika kritik adalah bagian dari pembelajaran dalam berkarier. Meski begitu kritikan tidak selalu menyenangkan ketika diterima. Walau merasa kesal, malu, bahkan marah, ada baiknya bila Anda tidak terlalu mengambil hati setiap ulasan buruk yang datang terkait performa kerja. Berikut ini cara menghadapi kritikan agar Anda bisa lebih berkemabng ditempat kerja!

Baca juga: Berikut Cara Menghadapi Rekan Kerja Yang Toxic

1. Pahami Maksud di Balik Kritikan

Untuk bisa menghadapi kritikan secara profesional, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami makna dari kritikan tersebut. Cermati hal positif apa yang terkandung di dalam kritikan tersebut. Jangan menilai sebuah kritikan dari bungkusnya saja, yang terasa begitu pedas dan keras namun pasti terasa nikmat di dalamnya. Coba cermati dan pahami isi dari kritikan tersebut. Anda pasti akan menemukan sejumlah poin penting yang berguna untuk menyelesaikan pekerjaan Anda dengan lebih baik.

2. Dengarkan Secara Aktif

Jarang ditemui kritikan yang enak didengar di telinga. Tidak ada kritikan yang terdengar dengan merdu bak sebuah lagu pengantar tidur. Kritikan selalu datang dengan keras, seperti teriakan sersan pelatih kepada para prajuritnya. Namun, bukan berarti Anda harus menutup telinga dan mengacuhkannya. Justru sebaliknya, Anda harus bisa mendengarkan dan menyimak setiap poin dari kritikan yang diberikan kepada Anda. Jangan ada satu pun poin kritikan yang Anda lewatkan.

3. Pengendalian Diri

Menahan diri untuk tidak tergoda agar melawan akan membuat anda mempertahankan martabat dan moral Anda sebagai orang yang berpendidikan. Selanjutnya, giliran menanggapi. Menunggu sebelum menjawab. Apabila Anda menanggapi kritik dengan rasa marah, maka akan datang penyesalan berikutnya. Sabarkanlah diri Anda agar Anda bisa mengantongi jawaban yang tenang dan bijak. Bagi Anda yang sekarang ini disibukkan dengan kiat atau solusi menghadapi kritikan, tersenyum mungkin menjadi elemen yang tidak pernah Anda pikirkan sama sekali. Tetapi percayakah Anda bahwa dengan memamerkan senyum, seseorang disinyalir terlihat lebih rileks dan tenang? Aura positif untuk bisa memecahkan problem juga dibarengi dengan rasa santai.

Baca juga: Berikut Ini Cara Menghadapi Rekan Kerja Manipulatif

4. Ulas Kritik yang Anda Terima

Memang tidak ada yang suka dengan kritik, tetapi ini bisa menjadi umpan balik bagi Anda agar Anda bisa memperlihatkan keterampilan. Kritik juga ditengarai dapat memacu kreatifitas seseorang di tempat kerja. Tak hanya itu saja, komunikasi juga akan terjalin antar pegawai dengan pegawai atau bos dengan bawahannya.

5. Hindari Bersikap Defensif

Ketika menerima kritik, pasti ada keinginan besar untuk membela diri di hadapan rekan atau atasan. Sebaiknya hindari bersikap defensif seperti itu karena akan membuat Anda terlihat seperti karyawan yang tidak mau menerima saran dari orang lain. Jika Anda tidak mengerti sepenuhnya tentang apa yang dikeluhkan, usahakan untuk menanyakannya secara baik-baik.

6. Lakukan Sesuatu yang Menyenangkan

Daripada melampiaskan rasa kesal dengan menggerutu atau menekuk wajah, lebih baik berusaha melupakannya. Ketika kritikan cukup membekas hati dan membuat Anda emosional, hal tersebut memang tidak terlalu mudah dilakukan. Namun Anda bisa mengusahakannya dengan melakukan hal-hal menyenangkan atau membuat tenang. Misalnya dengan minum kopi.

Sekian artikel tentang tips menghadapi kritik. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Menghadapi Rasa Insecure di Tempat Kerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar