Anda Ingin Merantau Kerja? Ikuti Tips Berikut!
Siker.id | 30 Nov 2021 16:00


Bagikan ke
Bila ingin bekerja ditempat jauh, merantau adalah jalannya dan saat merantau Anda harus siap dengan lingkungan yang baru. (siker)

siker.id - Untuk mendapatkan kesuksesan memang kita perlu mengorbankan beberapa hal, salah satunya meninggalkan kampung halaman. Meninggalkan kampung halaman demi cita-cita memang berat karena harus berpisah dengan tanah kelahiran dan orang-orang terdekat. Tapi jangan khawatir untuk Anda yang berniat untuk merantau bisa ikuti tips sukses berikut ini!

Baca juga: Simak ! Cara Membuat Lingkungan Kerja yang Nyaman

1. Harus Tahu Biaya Hidup

Saat pertama kali merantau untuk bekerja, Anda tentu harus mengetahui berapa biaya hidup minimal di kota perantauan. Terutama, jika bekerja di Jakarta. Anda tentu tidak langsung mendapatkan gaji dari kantor tempat Anda bekerja. Dengan mengetahui hal ini, Anda dapat membawa uang saku minimal yang mencukupi hidup hingga saat gajian. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda juga harus siap untuk berhemat jika memang kota merantau memakan biaya hidup tinggi.

2. Lokasi Kantor

Hal selanjutnya yang harus Anda ketahui saat pertama kali merantau untuk kerja adalah lokasi kantor. Memang saat ini sebagian kantor sekarang ada yang masih melaksanakan WFH (Work From Home) dan ada pula yang bisa WFO (Work From Office). Agar saat pertama kali berkunjung tidak lama atau bingung mencari gedung kantor, kamu sudah harus tahu lokasinya dari sekarang. Lokasi lain yang harus Anda tahu juga seperti tempat makan, minimarket, ATM, dan sebagainya di sekitar kantor.

3. Punya Tekad yang Kuat

Sebelum merantau, kuatkan tekad Anda untuk mencapai tujuan di tempat perantauan. Fokus pada tujuan dan yakinlah bahwa Anda akan sukses di perantauan.

4. Persiapkan Kebutuhanmu

Merantau bukan sekedar pergi liburan, Anda akan menghabiskan banyak waktu di perantauan untuk mencapai cita-cita. Untuk itu Anda butuh persiapan yang matang agar tidak kesusahan di perantauan. Apa saja sih yang harus dipersiapkan? Anda perlu cari tahu dulu tempat tujuan merantau, bagaimana linkungannya, bagaimana biaya hidupnya, dan apakah tempat tersebut akan membuat Anda nyaman.

Baca juga: Tips Menjaga Kebersihan Lingkungan Kerja, Baca Ini

5. Mampu Beradaptasi

Dalam hal ini, Anda harus menjadi pribadi yang terbuka, ramah dan terbuka kepada orang-orang baru disekitar. Mulailah menjadi pribadi yang terbuka dan baik terlebih dahulu kepada orang lain, agar orang lain juga akan terbuka dan baik kepada Anda.

6. Manajemen Finansial

Anda juga harus belajar menabung! Pastikan pengeluaran Anda tidak lebih besar dari gaji yang diperoleh. Tabungan yang Anda punya bisa digunakan untuk dana cadangan jika ada kebutuhan yang mendesak dan sebuah prestasi atau bukti kemandirian hidup di tanah perantauan. Gunakanlah uang Anda secara bijak dengan membeli sesuatu berdasarkan kebutuhan.

7. Keep Fighting

Dalam merantau Anda juga harus memiliki jiwa pantang menyerah, tahan banting, kembangkan diri dan tetaplah berdoa. Banyak hal yang akan terjadi di tanah perantauan, dengan bekerja keras serta selalu dekat dengan Tuhan akan membuat hidup Anda di perantauan lebih baik dan sukses. Manfaatkan waktu Anda untuk meningkatkan kemampuan dengan sebaik-baiknya.

8. Akses ke Tempat Kerja

Hal penting lainnya yang perlu Anda persiapkan dan ketahui saat pertama kali merantau untuk kerja adalah akses untuk berangkat ke tempat kerja. Dengan berbagai pertimbangan seperti jarak dan waktu tempuh, maka kamu dapat mempertimbangkan dengan apakah kamu akan ke tempat kerja. Jika memutuskan untuk menggunakan kendaraan umum, ketahui tempat pemberhentian kendaraan umum terdekat dari tempat tinggal dan tempat kerja Anda. Jika memutuskan menggunakan kendaraan pribadi, maka pertimbangkan kemacetan dan rute yang harus ditempuh.

Sekian artikel tentang tips merantau kerja di kota orang. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Stres di Tempat Kerja?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar