Berikut 4 Fungsi Penggunaan Parklaring
Siker.id | 03 Feb 2022 13:15


Bagikan ke
Fungsi dari penggunaan parklaring. (siker)

siker.id - Setelah mengajukan pengunduran diri dari pekerjaan, setiap karyawan berhak untuk mendapat surat paklaring atau surat keterangan pengalaman kerja dari kantor yang bersangkutan. Paklaring tidak bisa dianggap remeh karena memiliki banyak kegunaan.

Paklaring adalah surat keterangan yang menyatakan seseorang pernah bekerja pada suatu perusahaan dengan posisi tertentu dan jangka waktu tertentu. Surat ini diberikan ketika seorang karyawan sudah tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut. Istilah paklaring sebenarnya berasal dari kata benda serapan bahasa Belanda yaitu verklaring yang artinya pernyataan atau penerangan. Istilah ini kemudian kerap digunakan dalam lingkup ketenagakerjaan untuk menjelaskan surat keterangan pengalaman kerja.

Berikut ini beberapa fungsi dari penggunaan paklaring!

Baca juga: Hal yang Perlu di Perhatikan Sebelum Melamar Kerja

Melamar pekerjaan di perusahaan selanjutnya

Umumnya, surat paklaring ini digunakan sebagai syarat lampiran berkas atau dokumen ketika mendaftar atau melamar pekerjaan di perusahaan baru. Beberapa perusahaan besar dan startup terkadang juga menjadikan surat ini sebagai syarat bagi karyawan yang akan melamar.

Melalui surat paklaring, perusahaan baru tempat karyawan melamar dapat menilai kualitas dan kapasitas seseorang. Hal tersebut dapat dilihat dari prestasi dan kontribusi calon karyawan di perusahaan sebelumnya yang sudah dijelaskan melalui isi surat.

Pengajuan kartu kredit

Serupa dengan mengajukan pinjaman bank, pengajuan kartu kredit juga membutuhkan surat keterangan pengalaman kerja. Dalam hal ini, paklaring berfungsi sebagai bukti bahwa calon pemegang kartu kredit tersebut sanggup untuk membayar tagihan per bulan.

Baca juga: 4 Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja 2022

Pengajuan pinjaman bank

Salah satu syarat untuk mengajukan pinjaman dana seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah berstatus karyawan. Selain slip gaji, paklaring juga diperlukan sebagai dokumen pendukung. Dengan melampirkan surat ini, pihak bank dapat mengetahui kemampuan finansialmu dan menimbang apakah kamu termasuk calon debitur yang dinilai mampu untuk membayar cicilan.

Pencairan dana Jaminan Hari Tua (JHT)

Setiap karyawan yang tergabung dalam BPJS Ketenagakerjaan sudah mengalokasikan sebagian kecil gajinya untuk dana Jaminan Hari Tua (JHT). Dana ini dapat diambil kembali sepenuhnya setelah karyawan berusia 56 tahun atau memasuki masa pensiun. Sebelum itu, kamu bisa mencairkan sekitar 10% dari dana yang sudah terkumpul.

Untuk mendapatkan seluruh atau sebagian dana Jaminan Hari Tua (JHT), salah satu syarat dokumen yang harus dilampirkan yaitu surat paklaring. Selain melegalisasi salinan paklaring, kamu juga harus menunjukkan surat aslinya ketika ingin mengklaim jaminan tersebut di kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Sekian artikel tentang fungsi penggunaan parklaring. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Beberapa Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerja Bergaji Tinggi


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar