icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja 2022
Siker.id | 02 Feb 2022 18:00


Bagikan ke
Skill yang dibutuhkan di dunia kerja 2022. (siker)

siker.id - Teknologi kini telah mengubah dunia, menuntut kita untuk memiliki keterampilan dan juga pengetahuan yang lebih luas agar mampu beradaptasi di dunia kerja di era revolusi industri 4.0. Menurut Kementrian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker), akan banyak perkembangan dan perubahan pada "skill set" yang dimiliki role pekerjaan di industri terutama di tahun 2025. Agar dapat melampaui persaingan di era digital, kepemimpinan perusahaan sudah mulai mengambil manfaat dari teknologi terbaru. Hal ini membuat persaingan antara calon karyawan menjadi semakin ketat dan kompetitif. Berikut skill yang dibutuhkan di dunia kerja 5 tahun kedepan!

Baca juga: 4 Skill yang Pasti Dipakai Dalam Dunia Kerja

Kreativitas dan kecerdasan emosional

Kreativitas kini menjadi skill yang dibutuhkan di dunia kerja terutama di industri era digital. Dengan kreativitas yang tinggi, kamu dapat menyampaikan ide-ide menarik untuk kemajuan perusahaan. Sementara itu, kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengenali dan mengontrol emosi diri sendiri maupun orang lain. Ada lima komponen kecerdasan emosional antara lain kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial. Dengan tempat kerja yang semakin kolaboratif, kecerdasan emosional dianggap menjadi lebih penting dari sebelumnya.

Skill Komunikasi

Skill komunikasi kadang kala masih dipandang sebelah mata, terutama di bidang teknologi. Padahal, keterampilan berkomunikasi akan menentukan sejauh mana pesan dari perusahaan dan atau organisasi bisa tersampaikan efektif kepada publik. Sebuah isu atau program tak akan mudah disampaikan dengan optimal bila tidak ada keahlian membangun kepercayaan dan kelihaian berkomunikasi dengan target audience.

Baca juga: 5 Skill Wajib yang Harus Dimiliki UX Writer

Analisis data

Analisis data adalah skill yang wajib dimiliki seorang praktisi data. Dalam melakukan proses analisis data dibutuhkan pemikiran yang kritis serta kemampuan problem solving yang baik. Kemampuan ini diperlukan agar dapat menentukan metode analisis data yang tepat. Penggunaan metode analisis data yang tepat sangat berpengaruh pada hasil analisis. Jika keliru memilih metode analisis data, bisa jadi hasil yang diinginkan tidak tercapai sehingga tentu saja akan membuang waktu dan tenaga.

Kemampuan mendesain, video dan programming

Dalam menghadapi kemajuan teknologi, banyak perusahaan yang membutuhkan talenta yang mampu mendesain dan terampil dalam programming. Namun, secara teknis dibutuhkannya waktu yang lama serta intensif pada saat pembelajarannya.

Sekian artikel tentang skill yang dibutuhkan di dunia kerja 2022. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Skill yang Wajib Dikuasai Customer Service


Editor: Theo Adi -

     

Komentar