icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Jurusan Teknik yang Memiliki Prospek Kerja Menjanjikan
Siker.id | 02 Feb 2022 12:00


Bagikan ke
Jurusan teknik dengan prospek kerja menjanjikan. (siker)

siker.id - Salah satu seleksi penerimaan mahasiswa baru yang akan dibuka Januari 2022 adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN ). Tentunya mahasiswa harus sudah mulai menyiapkan segala sesuatunya mulai dari dokumen hingga pilihan jurusan yang akan ditempuh di perguruan tinggi. Ada banyak pilihan jurusan yang tersedia di perguruan tinggi.

Jurusan yang bisa dipilih salah satunya jurusan teknik yang dinilai memiliki peluang kerja yang luas dan menjanjikan di Indonesia. Misalnya jurusan pertambangan dan perminyakan, jurusan yang satu ini pastinya memiliki peluang kerja luas di Indonesia yang terkenal dengan sumber daya alam yang melimpah. Ada pula jurusan teknik sipil, sebagai negara yang masih akan menggencarkan pembangunan infrastruktur maka professional dari jurusan teknik sipil juga akan direkrut oleh banyak perusahaan. Tidak hanya perusahaan infrastruktur atau konstruksi swasta namun juga perusahaan milik negara.

Berikut beberapa jurusan Teknik yang memiliki prospek kerja menjanjikan!

Baca juga: Perbedaan Teknik Sipil dan Arsitektur

Teknik Elektro

Mahasiswa Teknik Elektro akan mempelajari aplikasi dan pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari. Jurusan ini pun dipecah ke dalam beberapa konsentrasi dan memiliki cakupan yang sangat luas. Berkat keahlian di bidang kelistrikkan, banyak lulusan Teknik Elektro yang membidik industri-industri tenaga listrik besar, seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) atau Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Bekerja di industri telekomunikasi, perminyakan dan gas, otomotif, hingga perusahaan bertaraf multinasional juga bisa menjadi pilihan.

Teknik Industri

Teknik industri tidak hanya akan mempelajari seluk-beluk mesin manufaktur, tetapi juga tentang sistem manajemen sebuah industri. Prospek kerjanya luas mulai dari industry kecil hingga besar. Baik di divisi spesialisasi teknik industri, divisi produksi, divisi engineering, divisi perencanaan biaya, hingga HRD.

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil Terbaru

Teknik Sipil

Teknik Sipil merupakan jurusan teknik yang sangat lekat dengan infrastruktur. Jurusan ini akan mempelajari proses merancang, membangun dan merenovasi gedung, jalan, jembatan, bendungan, serta infrastruktur lainnya dan mempunyai peran penting dalam perkembangan suatu negara, terutama dalam pembangunan infrastruktur dan ekonomi. Lulusan dari Teknik Sipil bisa bekerja di berbagai perusahaan properti, konstruksi, atau pengembang. Kamu juga bisa bekerja di instansi pemerintah seperti Badan Perencanaan Nasional (BPN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan BUMN lain di bidang konstruksi.

Arsitektur

Arsitektur termasuk jurusan di bidang teknik yang terbilang unik, karena tak hanya mempelajari hal teknis pada bangunan tetapi juga memperhatikan sisi estetikanya. Mahasiswa Arsitektur mempelajari tentang desain dan rancangan konstruksi bangunan. Arsitektur akan menuangkan ide, konsep dan desain, sedangkan untuk realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil. Menjadi seorang arsitek mempunyai prospek karier yang cerah. Kamu bisa bekerja hampir di semua perusahaan properti dan konstruksi.

Sekian artikel tentang rumus excel yang penting untuk pekerjaan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 5 Keuntungan Memilih Jurusan Teknik Komputer


Editor: Theo Adi -

     

Komentar