Apa Penyebab Karir Anda Tidak Berkembang?
Siker.id | 06 Dec 2021 10:30


Bagikan ke
Banyak penyebab mengapa karir Anda tidak berkembang atau hanya jalan ditempat saja. (siker)

siker.id - Anda sudah bekerja lebih dari lima tahun, tapi karier Anda tidak berkembang? Posisi Anda masih berada di level paling bawah, sementara teman-teman seangkatan Anda yang lain sudah mencapai posisi yang lebih tinggi, bahkan sudah ada yang menjadi manajer. Jika selama ini Anda merasa kondisi tersebut baik-baik saja, coba pikirkan kembali. Cek beberapa hal berikut yang mungkin menjadi penyebab mentoknya karier Anda.

Baca juga: Apa Perbedaan Antara Karir dan Pekerjaan?

1. Terlalu Nyaman di Pekerjaan Sekarang

Faktor pertama yang bisa jadi penyebab kenapa karier mentok yaitu Anda terlalu nyaman di pekerjaan sekarang. Mencari kenyamanan dalam bekerja itu harus, tapi jika kita terlalu nyaman bekerja sampai lupa untuk meng-upgrade dan mengasah kemampuan diri, tentunya bisa membuat karier Anda tidak berkembang.

2. Kurang Motivasi Dalam Bekerja

Faktor selanjutnya kenapa karier mentok dan tidak ada kemajuan yaitu kurangnya motivasi dalam bekerja. Memiliki motivasi merupakan salah satu faktor yang membuat kita tetap semangat dalam mewujudkan sesuatu, termasuk dalam membangun karier. Maka dari itu, carilah sumber motivasi tersebut bisa dari orang tua, target yang ingin kamu raih, atau hal lain.

3. Bekerja di Bidang yang Tidak Sesuai dengan Minat

Tidak semua orang punya pekerjaan yang sempurna. Meski banyak yang mengatakan agar Anda bekerja sesuai passion, kenyataannya hal itu tidak bisa dengan mudah dilaksanakan. Berapa banyak orang yang Anda temui yang bekerja tidak sesuai dengan pendidikannya? Jawabannya, sangat banyak. Ada yang berhasil melaksanakan tugasnya walau tidak sesuai minat tetapi tidak sedikit juga yang akhirnya gagal.

Baca juga: Apa Pengaruh Sosial Media Dalam Peningkatan Karir?

4. Motivasi Kerja Hanya Karena Uang

Pada tahapan usia tertentu, karier bisa menjadi prioritas utama dalam hidup. Tetapi ketika Anda sedang membangun karier, Anda akan mulai mencari ke arah tujuan hidup secara keseluruhan: "Bagaimana pekerjaan atau karier yang saya pilih cocok dengan semua hal lain yang saya inginkan dalam hidup?". Masih banyak orang yang tersesat dalam hal ini salah satu faktornya bisa jadi karena di awal karier, kamu hanya memprioritaskan untuk memilih pekerjaan berdasarkan uang atau gaji yang diterima.

5. Pekerjaan Tidak Sesuai Ekspektasi

Ada yang bilang mencari pekerjaan itu mirip seperti berkencan. Anda cenderung akan mencari seseorang yang sesuai dengan ‘standar ideal’ hingga nilai-nilai hidup yang sama. Namun tidak jarang yang ditemui berada di luar ‘standar ideal tersebut’. Jadi analoginya, apa yang terjadi ketika pekerjaan hebat yang Anda ambil itu bukan yang Anda harapkan? Dalam situasi ini, Anda bisa mengatasinya dengan memperluas skill yang dibutuhkan hingga bergaul dengan kolega yang bekerja di bidang yang sama.

Sekian artikel tentang penyebab karir tidak berkembang. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Memulai Karir dari Entry Level Job


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar