Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Apa Perbedaan Antara Karir dan Pekerjaan?
Siker.id | 03 Dec 2021 18:50


Bagikan ke
Terdapat beberapa perbedaan mencolok antara pekerjaan dan karir. (siker)

siker.id - Karier dan pekerjaan, dua kata yang sering kita dengar dan gunakan untuk menggambarkan aktifitas tertentu yang biasanya dibayar. Sering kali kita merasa bahwa pekerjaan dan karier adalah hal yang sama, ternyata, walaupun sering dinggap sama, karier dan pekerjaan itu memiliki makna yang sangat berbeda. Apa sih beda antara karier dan pekerjaan? Simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: Bagaimana Memilih Perusahaan Untuk Karir Jangka Panjang?

Pengertian Pekerjaan

Tugas atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang, sebagai bagian dari pekerjaan tetap untuk mendapatkan uang dikenal sebagai Pekerjaan. Orang yang melakukan pekerjaan itu dikenal sebagai karyawan dan orang yang memberi pekerjaan itu dikenal sebagai majikan. Ini melibatkan pekerjaan mental atau fisik atau keduanya. Ada waktu yang pasti untuk melakukan pekerjaan. Hak, tugas, fungsi, tanggung jawab, dan kekuasaan dikaitkan dengan setiap pekerjaan.

Pengertian Karir

Karier didefinisikan sebagai pekerjaan yang diusahakan oleh seseorang, untuk periode penting dalam hidupnya. Ini adalah serangkaian pekerjaan yang telah dilakukan seseorang sepanjang hidupnya. Ini adalah tujuan jangka panjang kehidupan seseorang. Karier tidak hanya terbatas pada pekerjaan, tetapi karir, di mana seseorang menggunakan pengetahuan, keterampilan, pendidikan, kompetensi. Ketika datang ke jalur karir, orang lebih memperhatikan kepuasan kerja daripada uang. Mereka akan mempelajari hal-hal baru, meneliti karier mereka sebanyak mungkin, membuat hubungan dengan klien atau pihak lain menciptakan prospek. Karier seseorang tergantung pada sejarah dan rencananya.

Baca juga: Berikut Ini Tips Managemen Pekerjaan Agar Lebih Efektif

Perbedaan Karir dan Pekerjaan

Perbedaan signifikan antara pekerjaan dan karier ditunjukkan di bawah ini:

• Pekerjaan didefinisikan sebagai tugas atau tugas yang dilakukan oleh seseorang dan mendapat gaji atau upah. Karier mengacu pada pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang selama hidupnya.

• Dalam sebuah pekerjaan Anda menginvestasikan waktu dan keterampilan Anda untuk mendapatkan uang, tetapi ketika itu tentang karir, Anda menginvestasikan waktu Anda dalam mengikuti impian Anda.

• Pekerjaan adalah ketika Anda bekerja untuk waktu yang tetap. Sebaliknya, karier adalah ketika Anda menjelajah lebih banyak waktu untuk terus belajar dan mengeksplore kemampuan tanpa mengenal Batasan waktu.

• Pekerjaan adalah sarana untuk mengamankan kebutuhan hidup, tetapi karier adalah tujuan itu sendiri, yaitu apa yang diusahakan seseorang hingga ia pensiun.

• Orang-orang memegang pekerjaan, untuk jangka pendek sementara karier dipandang sebagai tujuan jangka panjang seorang individu.

• Pekerjaan itu membutuhkan pendidikan dan keterampilan. Di sisi lain, karir membutuhkan spesialisasi dalam bidang tertentu.

Sekian artikel tentang perbedaan karir dan pekerjaan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Caranya Mendapatkan Pekerjaan Impian?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar