Berikut Tips Menyeimbangkan Karir dan Keluarga
Siker.id | 11 Dec 2021 18:00


Bagikan ke
Tips menyeimbangkan karir dan keluarga. (siker)

siker.id - Sebuah karir yang sukses dan bahagia, terkadang berbanding terbalik dengan kehidupan keluarga Anda yang tidak secemerlang karir sukses Anda. Tetapi, menjaga agar dua kehidupan tersebut seimbang adalah salah satu cara untuk menjga kehidupan Anda tetap harmonis dan tak saling menjadi masalah satu sama lain. Kuncinya adalah belajar bagaimana dan di mana Anda bisa untuk membuat kompromi yang tidak menyakiti karir Anda atau keluarga Anda. Karena Anda memang akan dituntut untuk bisa mengelola jadwal Anda sedemikian cerdasnya, untuk bisa memberikan porsi waktu yang tepat dan sama, serta adil antara kehidupan karir Anda, dan kehidupan keluarga Anda. Berikut tips menyeimbangkan karir dan keluarga!

Baca juga: Berikut Ini Keuntungan Berlibur Buat Perkembangan Karir

1. Anda Tidak Perlu Melakukan Sendiri

Mintalah bantuan. Menjaga keluarga tidak dilakukan oleh satu orang saja yang ditunjuk. Jika anak-anak Anda cukup besar mungkin dapat meminta bantuan dari mereka untuk melakukan beberapa pekerjaan rumah atau Anda juga meminta bantuan suami/istri. Diskusikan dengan orang-orang sekitar Anda tentang bagaimana semua dapat berkontribusi. Mintalah saran dari keluarga Anda karena keluarga merupakan bagian tim.

2. Bicara dengan Atasan

Apakah perusahaan tempat anda bekerja memiliki waktu yang fleksibel? berbicaralah kepada atasan anda mengenai posisi Anda antara karir dan keluarga.

3. Nikmati Hasilnya

Karir merupakan bagian penting dalam kehidupan, Jangan Cuma bekerja keras untuk mendapatkannya tapi kamu juga perlu bersenang-senang dan nikmati hasilnya. Jangan jadikan pekerjaan kamu tampak membosankan dan nggak ada ujungnya.

4. Istirahat

Jangan takut untuk sejenak mencabut diri kita dari dunia yang tidak pernah tidur, untuk membantu kita pulih dari stres berkepanjangan. Beristirahat bisa membuat tubuh dan pikiran kamu jadi lebih segar. Saat pekerjaan menuntut kamu kembali ide-ide akan terlahir dengan sendirinya karena tubuh dan pikiran kamu sudah siap lagi bekerja.

Baca juga: Apa Penyebab Karir Anda Tidak Berkembang?

5. Memprioritaskan

Buatlah daftar semua hal tentang kehidupan rumah tangga menempatkan pada prioritas tertinggi dan kemudian membuat daftar semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Hal ini mungkin termasuk juga pertimbangan masalah keuangan.

6. Bersiaplah Untuk Hal yang Tidak Terduga

Anak anda mungkin jatuh sakit atau babysitter tidak dapat menjaga anak Anda. Anda mungkin harus terlambat kerja karena beberapa keadaan tidak terduga. Anda harus selalu mempersiapkan diri untuk keadaan darurat yang di luar perencanaan anda.

7. Membuat Komitmen pada Diri Sendiri

Membuat komitmen yang kuat untuk makan malam dengan seluruh keluarga pada malam-malam tertentu yang telah dijadwalkan adalah perlu dan Anda harus belajar menepati hal tersebut. Buatlah komitmen dengan diri Anda sendiri untuk bisa paling tidak sekali dalam seminggu piknik bersama keluarga Anda untuk menjaga keharmonisan, dan Anda harus menepati komitmen tersebut.

8. Memiliki Fleksibilitas Dalam Pekerjaan

Memiliki cukup waktu untuk keluarga Anda sangat penting, tapi karir yang cemerlang juga penting bagi banyak orang. Hal tersebut mungkin juga terasa seolah-olah lebih mudah untuk membuat pengorbanan dan kompromi di rumah daripada di tempat kerja. Mengeksplorasi kemungkinan waktu yang fleksibel dengan bos Anda, adalah salah satu cara Anda tetap bisa juga punya waktu dengan keluarga.

Sekian artikel tentang cara menyeimbangkan karir dan keluarga. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Perbedaan Antara Karir dan Pekerjaan?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar