Berikut 5 Cara Menentukan Jenjang Karir Yang Tepat
Siker.id | 13 Dec 2021 19:45


Bagikan ke
Tips menentukan jenjang karir yang tepat. (siker)

siker.id - Career path atau jenjang karier adalah hal yang sering membuat bimbang. Tak hanya fresh graduate, orang yang sudah berpengalaman beberapa tahun dalam karier pun sering merasa galau akibat hal ini. Jika Anda juga sedang menghadapi permasalahan yang sama, yuk, simak penjelasan ini! Tak hanya ada penjelasan lebih mendalam tentang apa itu jenjang karier, ada pula tips memilih dan menempuhnya dengan tepat agar tidak menyesal di kemudian hari. Mengetahui career path atau jenjang karier yang bisa ditempuh sejak awal adalah hal yang penting. Dengan mengidentifikasi “tangga” karier yang bisa dipijak dari tahun ke tahun, Anda bisa memahami kesempatan yang tersedia serta skill atau pengalaman apa saja yang dibutuhkan untuk mencapainya. Berikut tips menentukan jenjang karir yang tepat!

Baca juga: Berikut Tips Menjadi Wanita Karir Yang Sukses

1. Ketahui Industri Pekerjaan Yang Anda Inginkan

Langkah pertama dalam menentukan jenjang karir adalah dengan mencari tahu kemana Anda ingin pergi. Identifikasi pekerjaan dan peran seperti apa yang Anda inginkan. Jika masih bingung untuk menentukan industri dan pekerjaan seperti apa yang Anda impikan, mengikuti tes bakat karir bisa jadi solusi utama yang akan membantu mengetahui pekerjaan seperti apa yang sesuai dengan kemampuan Anda.

2. Identifikasi Keterampilan Yang Perlu Dikembangkan

Selanjutnya, Identifikasi keterampilan yang Anda perlukan untuk mendapatkan setiap peran dalam rencana karir. Kemudian, catat proyek yang perlu Anda kerjakan, pelatihan yang perlu didapatkan, dan pencapaian profesional seperti mengelola tim yang harus Anda capai untuk mencapai setiap keterampilan. Proses ini dapat membuat perjalanan Anda terasa lebih nyata, dan membentuk fondasi yang kuat untuk tujuan karir sehari-hari.

3. Rencanakan 5 - 10 Tahun

Selanjutnya, pertimbangkan untuk membangun tonggak karir. Teliti orang lain di bidang yang serupa berada pada 5 atau 10 tahun kemudian. Bandingkan dengan apa yang Anda inginkan. Apakah sesuai? Putuskanlah apa yang Anda inginkan di masa depan. Lalu, cari tahu apa yang dapat Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan menetapkan tujuan karir 5 atau 10 tahun ke depan, Anda dapat membuat rencana berdasarkan kemajuan yang Anda harapkan setiap tahun.

Baca juga: Berikut Tips Menyeimbangkan Karir dan Keluarga

4. Temukan Tipe Kepribadian

Tipe kepribadian adalah sekumpulan ciri kepribadian yang dapat dikelompokkan bersama. Kepribadian yang berbeda secara alami tertarik pada minat dan mengembangkan kekuatan yang berbeda, termasuk karir. Ada beberapa metode untuk menemukan tipe kepribadian, salah satunya adalah Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Kuesioner ini mencakup pertanyaan introspektif untuk mengidentifikasi preferensi psikologis.

5. Review Pengalaman Sebelumnya

Menentukan karier ke depannya bisa dilakukan dengan mengevaluasi pencapaian Anda sejauh ini. Jika ada suatu tanggung jawab atau posisi yang membuat Anda lebih puas dalam bekerja, mungkin itulah jalan yang tepat untuk Anda. Yang perlu dilakukan adalah memperdalam skill untuk menjadi profesional yang andal dalam bidang tersebut. Oleh karena itu, jangan lupakan juga untuk selalu mengevaluasi skill set yang selama ini sudah dimiliki.

Sekian artikel tentang Langkah menentukan jenjang karir yang tepat. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini Keuntungan Berlibur Buat Perkembangan Karir


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar