Berikut Ini Keuntungan Berlibur Buat Perkembangan Karir
Siker.id | 06 Dec 2021 21:30


Bagikan ke
Ternyata berlibur bisa membangkitkan produktivitas saat berkarir. (siker)

siker.id - Beban pekerjaan yang terlalu berat dapat menyebabkan lelah fisik dan psikologis. Tak heran bila banyak karyawan melakukan ‘pelarian’ dengan cara menonton film bioskop atau karaoke untuk mencari hiburan di luar kesibukan kantor. Namun, selain hiburan-hiburan singkat tersebut, besar kemungkinan Anda membutuhkan sesuatu yang lebih: beristirahat dari rutinitas sehari-hari untuk menyegarkan pikiran. Mengambil jatah cuti atau memanfaatkan waktu akhir pekan untuk berlibur ternyata dapat memberikan dampak positif yang berpengaruh terhadap karier kerja Anda. Enam manfaat liburan ini akan Anda rasakan jika Anda rutin pergi berlibur dalam jangka waktu tertentu:

Baca juga: Apa Penyebab Karir Anda Tidak Berkembang?

1. Kreatif Menyelesaikan Masalah

Saat traveling banyak masalah yang terjadi, dan kamu mau tidak mau dituntut untuk menyelesaikannya. Hal ini akan membuat kamu lebih kreatif untuk menyelesaikan masalah yang terjadi.

2. Tidak Mudah Stress

Dalam berkarir tentu saja kita sering dihadapkan dengan masalah yang membuat kita stress. Tapi dengan traveling kamu dapat menyegarkan pikiranmu dan mudah berpikir jernih sehingga tidak mudah stress.

3. Produktivitas Kerja Meningkat

Bekerja lembur atau di luar jam kerja bukanlah cara yang efektif untuk meningkatkan kinerja produktivitas karyawan. Pergi berlibur membuat seseorang lebih rajin dan produktif bekerja. Penelitian mencatat sekitar enam dari 10 partisipan sudah menyadari bahwa liburan amatlah penting baik kesehatan mentalnya. Selain itu, lebih dari 40% partisipan mengakui bahwa mereka lebih fokus setelah pulang berlibur, sementara tiga per empat partisipan mengatakan liburan dapat membangkitkan energi yang pada gilirannya membuat bekerja lebih baik.

Baca juga: Apa Pengaruh Sosial Media Dalam Peningkatan Karir?

4. Meningkatkan Kerja Sama dan Kemampuan Organisasi

Tanpa disadari, liburan bersama teman maupun pasangan dapat meningkatkan kemampuan kerja sama tim. Kerja sama yang baik dibutuhkan agar bisa saling kompak, melancarkan komunikasi, dan saling memahami saat harus menghadapi situasi yang tidak diharapkan ketika berada di perjalanan. Kemampuan untuk mencari jalan keluar saat tersesat di negara lain, atau skill emosional untuk tetap tenang di saat genting adalah beberapa hal yang relevan dalam keseharian di kantor.

5. Beradaptasi dengan Cepat

Saat traveling kamu akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki karateristik yang berbeda. Traveling bisa mengajarkanmu beradaptasi dengan cepat di dunia karir yang seringkali berubah.

Sekian artikel tentang manfaat liburan untuk karir. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Memulai Karir dari Entry Level Job


Editor: Theo Adi -

0     0    

TAG :

Komentar