5 Keuntungan Memilih Jurusan Teknik Komputer
Siker.id | 17 Jan 2022 18:15


Bagikan ke
5 keuntungan memilih jurusan teknik komputer. (siker)

siker.id - Memilih jurusan adalah langkah penting bagi mahasiswa dalam menentukan masa depannya. Karena jurusan yang dipilih akan menjadi dasar dalam pengembangan pengetahuannya kedepan. Dari sekian banyak jurusan yang ada di kampus baik kampus negeri ataupun swasta tentu mengharapakan mahasiswanya bisa memperoleh masa depan yang sukses dengan jurusan yang mereka pilih. Jurusan komputer merupakan salah satu jurusan yang menjanjikan serta mempunyai peluang untuk masa depan. Jurusan komputer secara umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik tentang perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Ilmu yang diajarkan dijurusan ilmu komputer membekali mahasiswanya untuk berpikir kreatif dan harus selalu mencari jalan dalam mengembangkan pengetahuan yang dimilki sehingga bisa bernilai praktis dan menunjang karier kedepannya. Berikut keuntungan memilih jurusan ilmu komputer.

Baca juga: Apa Saja Peluang Kerja Lulusan Teknik Komputer?

1. Bisa Diterapkan di Segala Bidang

Ilmu komputer termasuk salah satu bidang yang fleksibel dan bisa diterapkan ke banyak bidang. Hal ini membuat lulusan jurusan ilmu komputer tidak hanya bisa bekerja di perusahaan berbasis teknologi saja, tetapi juga yang bergerak di bidang lain. Bahkan di bidang paling sederhana, seperti pertanian pun ilmu komputer bisa diterapkan dalam bentuk aplikasi untuk membantu para petani memprediksi musim tanam, atau robot yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan, seperti menyuburkan tanah.

2. Peluang Inovasi Sangat Besar

Mempelajari Ilmu Komputer juga bisa menstimulasi kemampuan kita dalam menciptakan inovasi baru. Bagaimana tidak, lingkup pembelajaran dan perkembangan bidang keilmuan ini sangat tidak terbatas. Ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan inovasi-inovasi bermanfaat. Inovasi yang diciptakan pun tidak harus dalam skala besar atau 'mewah' kamu bisa menciptakan alat sederhana, seperti aplikasi untuk memprediksi cuaca.

3. Peluang Kerja Bervariasi

Bisa diterapkan di semua bidang membuat lulusan jurusan ilmu komputer banyak dibutuhkan di berbagai jenis perusahaan. Begitu diwisuda, akan ada banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga, latar belakang akademik, dan keterampilan kita di bidang ilmu komputer. Beberapa contoh peluang karir jurusan ini adalah, pengusaha di bidang digital, teknisi game, teknisi jaringan, desainer game, developer aplikasi dan software, tenaga komputerisasi, hingga pendidik.

Baca juga: Berikut Cara Mengatasi Rasa Lelah Menatap Layar Komputer

4. Memudahkan Dalam Mengolah Data

Memilih jurusan komputer merupakan hal yang tepat, banyaknya pekerjaan atau kesibukan tentu menuntut kita untuk selesai tepat waktu terlebih dalam pengelohan data. Dalam pengolahan data memiliki kerumitan tersendiri jika dikerjakan secara manual. Nah penguasaan dalam bidang komputer tentu akan memudahkan dalam mengolah data terlebih karena banyaknya program- program dalam komputer yang bisa digunakan dalam mengolah data.

5. Dapat Memperbaiki Perangkat Yang Rusak

Menggunakan perangkat teknolgi sudah pasti akan mengalami kerusakan apalagi dalam perangkat komputer. Nah bagi mahasiswa jurusan komputer tentu bukanlah hal yang sulit dalam meperbaiki perangakat komputer, kerena itu merupakan kelebihan bagi jurusan komputer selain mahir dalam mengolah data juga dapat memperbiki perangkat komputer, baik perangkat lunak maupun perangkat keras apabila terjadi kerusakan.

Sekian artikel tentang keuntungan memilih jurusan teknik komputer. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Ingin Masuk Fakultas Teknik Informatika? Berikut Ulasannya!


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar