Perbedaan Teknik Sipil dan Arsitektur
Siker.id | 24 Jan 2022 19:50


Bagikan ke
Perbedaan antara teknik sipil dan arsitektur. (siker)

siker.id - Pada tiap tahun pasti ada calon mahasiswa yang akan mendaftar di jurusan teknik sipil maupun arsitektur. Tidak sedikit masyarakat dan mahasiswa selalu ada topik pertanyaan seperti apa sih bedanya jurusan teknik sipil dan arsitektur itu. Sebenarnya jurusan teknik sipil dan arsitektur keduanya masih berhubungan dengan konstruksi bangunan misalnya bangunan rumah,jembatan,bendungan,dan konstruksi bangunan yang lainnya. Sehingga,jurusan keduanya memiliki interaksi atau bisa dikatakan masih berhubungan dengan lingkungan bangunan.Terkadang,ada seseorang yang memiliki pemikiran seperti ini “kenapa ya,jurusan teknik sipil dan arsitektur ngga digabungin jadi satu aja?”. Dalam menanggapi hal tersebut,ternyata ada efek sekaligus resiko yang dihasilkan seperti mahasiswa kewalahan (tidak bisa mengatur waktu khususnya untuk tugas karna jika jurusan itu digabung maka tugas yang diperoleh akan sangat banyak),bisa mengganggu kesehatan para mahasiswa karena mungkin saja mereka jatuh sakit seperti maag,tipes (berkorban menunda makan untuk mengerjakan tugas yang tidak ujungnya).Bisa dilihat nih sikers,jika jurusan tersebut digabung dirasa tidak wajar yaa. Anda ingin melanjutkan kuliah dibidang konstruksi? Kira - kira sikers memilih teknik sipil atau arsitektur yaa?? Berikut ini perbedaan dari teknik sipil vs arsitektur:

Baca juga: 5 Keuntungan Memilih Jurusan Administrasi Fiskal

1. Teknik sipil maupun arsitektur ikut terlibat dalam desain dan perencanaan dan desain infrastruktur yang akan dirancang.Pada jurusan arsitektur berfokus kepada asas fungsionalitas,estetika,dan pengembangan arah pembangunan sehingga lebih mengacu kepada seni,penampilan,perasaan,serta fungsi dari desain tersebut.

2. Sedangkan pada jurusan teknik sipil berkonsentrasi terhadap berbagai elemen yang berkenan dengan desain dan pelaksanaan pekerjaan,sekaligus dapat merancang atau memplaningkan struktur yang dapat kokoh atau kuat dalam kondisi.Termasuk juga saat keadaan itu ekstrim.

Baca juga: 5 Keuntungan Memilih Jurusan Teknik Komputer

3. Dapat dimisalkan serta contohkan hal yang berkaitan dengan arsitektur seperti kepaduannya enak dipandang atau tidak,warna ini kira-kira menimbulkan pengaruh terhadap mood penghuni rumah atau tidak,dan lain sebagainya.

4. Dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari terhadap hal yang berkaitan dengan teknik sipil misalnya jenis cat yang dipilih atau akan diaplikasikan seperti apa,menggunakan metode pengecatan yang paling cocok,dapat memperkirakan berapa jumlah orang tukang cat dan waktu pekerjaannya.

Sekian artikel tentang perbedaan Teknik sipil dan arsitektur. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini 5 Jurusan yang Berkarir Dibidang IT


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar