Bagaimana Memilih Perusahaan Untuk Karir Jangka Panjang?
Siker.id | 30 Nov 2021 20:45


Bagikan ke
Memilih perusahaan untuk membangun karir jangka panjang tidaklah mudah karena banyak pertimbangan. (siker)

siker.id - Agar tak salah langkah, Anda harus bisa melihat dan memilih perusahaan yang tepat untuk karir jangka panjang. Selain melihat nama besar perusahaan atau nominal gaji yang ditawarkan, Anda juga harus mempertimbangkan berbagai aspek penting lain. Apa saja yang harus dipikirkan dan bagaimana cara memilih perusahaan yang tepat untuk membangun karier impian? Berikut ini tips dalam memilih perusahaan yang tepat untuk karir!

Baca juga: Berikut Alasan Karyawan Adalah Aset Penting Perusahaan

1. Reputasi Perusahaan

Dalam memilih tempat kerja yang baru, Anda sebaiknya memastikan terlebih dahulu apakah perusahaan tersebut memiliki reputasi dan citra yang cukup baik atau tidak. Jika suatu perusahaan memiliki reputasi yang cukup baik, dapat diartikan bahwa perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang telah berupaya secara maksimal untuk memberikan produk atau jasa terbaiknya kepada klien. Jika Anda ingin melihat baik atau buruknya reputasi suatu perusahaan, Anda dapat melihatnya melalui company profile perusahaan tersebut. Pada umumnya, disana terdapat informasi mengenai penghargaan, prestasi, atau pengalaman perusahaan dalam menangani sejumlah klien.

2. Gaji

Memiliki perolehan gaji yang cukup besar merupakan keinginan utama bagi setiap karyawan. Pilihlah perusahaan yang dapat memberikan Anda perolehan gaji yang pantas. Namun, perolehan gaji yang Anda peroleh sebaiknya sesuai dengan prestasi serta pengalaman Anda. Perolehan gaji yang cukup besar dengan kemampuan yang tidak sebanding akan memperburuk kinerja Anda. Sebab, Anda tidak dapat memenuhi ekspektasi perusahaan dari kontribusi yang Anda berikan.

3. Kenali Kebutuhanmu

Kenali apa yang jadi prioritas Anda saat ini dan apa yang bisa dikesampingkan dulu. Misalnya Anda ingin menambah pengalaman di bidang marketing dan tidak mementingkan nama atau brand perusahaan. Anda juga bisa mengenali kebutuhan dengan mengevaluasi tempat kerja saat ini. Apa yang kurang dan juga yang membuat Anda mau bertahan?

Baca juga: Apa Manfaat dari Kegiatan Magang Perusahaan?

4. Pelajari Industrinya

Anda bisa memilih perusahaan dengan menentukan dulu industri apa yang menarik bagi Anda. Bisa juga dimulai dari industri yang sebelumnya sudah Anda geluti. Dari situ, Anda akan bisa mengerucutkan beberapa pilihan perusahaan yang bergerak di industri tersebut.

5. Cek Lowongan dan Deskripsi Pekerjaan

Pelajari secara teliti lowongan dan deskripsi pekerjaan yang sedang diiklankan perusahaan incaran Anda. Dari lowongan pekerjaannya, Anda bisa menilai hal-hal ini tentang perusahaan:

• Budaya kerja

• Ekspektasi terhadap karyawan

• Aspek yang khas (misalnya visi dan misi atau struktur organisasi/tim)

• Gaji atau tunjangan

6. Jenjang Karier

Suatu perusahaan yang senantiasa ingin meningkatkan kualitasnya akan mempertimbangkan setiap jenjang karir setiap karyawan. Tempat kerja yang menganut nilai seperti ini dapat Anda pilih sebagai peringkat teratas pada daftar perusahaan yang akan Anda lamar. Anda dapat menanyakan secara langsung mengenai jenjang karir pada saat melakukan wawancara kerja.

7. Jaminan Kesehatan

Pada saat memilih tempat kerja yang baru, pastikan Anda mendapatkan jaminan kesehatan dari tempat kerja tersebut. Hal ini dilakukan untik antipasi ketika Anda mengalami masalah kesehatan ketika bekerja di suatu perusahaan. Jaminan kesehatan ini juga menunjukkan apakah perlakuan perusahaan terhadap kesehatan dan kesejahteraan karyawan baik atau tidak.

Sekian artikel tentang tips memilih perusahaan untuk karir. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Ini Langkah Jika Lembur Tidak Dibayar Perusahaan


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar