icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Prospek Karir Jurusan Hotel Management
Siker.id | 02 Feb 2022 10:30


Bagikan ke
Prospek karir jurusan hotel management. (siker)

siker.id - Pesatnya perkembangan industri pariwisata tak lepas dari pertumbuhan bisnis penginapan dan perhotelan yang kian meningkat. Mempertimbangkan peluang dan prospek kerja setelah lulus, tidak sedikit calon mahasiswa yang memutuskan memilih jurusan Hotel Management. Bagi kamu yang tertarik masuk jurusan ini, perlu diketahui jika nanti kalian akan mempelajari ilmu perhotelan . Termasuk bagaimana cara mengelola dan mengawasi hotel serta menyeimbangkan aspek wisata dari sisi manajerial.

Agar menjadi tenaga profesional, keahlian yang harus dimiliki ialah kemampuan adaptasi yang baik, ketelitian tinggi, ketekunan, fokus pada detail, kesabaran dalam melayani pelanggan, dan mampu bekerja sama dengan banyak pihak. Lalu seperti apa peluang kerja bagi lulusan Hotel Management? Berikut ini ulasannya.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Aktuaria

Wedding Organizer

Hotel merupakan salah satu tempat favorit yang dipilih calon pengantin untuk menyelenggarakan pesta pernikahan. Untuk memastikan acara tersebut berjalan lancar diperlukan wedding organizer yang bertugas merencanakan, mengatur, menyusun, dan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait. Mulai dari pengisi acara, dapur, pelayan, tamu, hingga vendor.

Bagi mahasiswa yang tertarik berkarir sebagai wedding organizer, maka nantinya harus bisa menguasai situasi dan kondisi. Selain itu, juga harus pandai mengatur keuangan, kreatif, berpikiran terbuka, mengikuti tren terkini, serta mampu bernegosiasi. Berbekal kemampuan akan menjadikan kalian dikenal sebagai wedding organizer profesional dan dapat diandalkan.

Manajer Hotel

Sesuai namanya, manajer hotel bertanggung jawab mengatur dan memastikan kegiatan operasional, staf hotel, dan pemasaran berjalan lancar. Tugas manajer hotel adalah mengontrol penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) supaya tidak melenceng. Agar bisa mengelola hotel dengan baik, diperlukan kemampuan leadership dan proaktif. Seorang manajer hotel juga harus memiliki kemampuan berbicara yang mumpuni dan menguasai ilmu dasar manajemen, bisnis, dan keuangan.

Baca juga: Berikut 5 Jurusan yang Paling Banyak Dicari Perusahaan

Manager Marketing Hotel

Tugas manajer marketing hotel ialah memasarkan hotel secara offline maupun online. Selain itu, juga harus bisa berkomunikasi dengan pelanggan, memberikan panduan tentang pemanfaatan hotel, dan menciptakan inovasi untuk meningkatkan permintaan pesanan kamar. Seorang manajer marketing hotel diharapkan memiliki kemampuan persuasi, menguasai bahasa asing, serta pengetahuan mengenai pemasaran, ilmu bisnis, dan ekonomi.

Sekian artikel tentang prospek karir jurusan hotel management. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Anda Senang Melukis dan Menari Yuk Masuk di Jurusan Seni


Editor: Theo Adi -

     

Komentar