icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Prospek Kerja Jurusan Aktuaria
Siker.id | 25 Jan 2022 15:45


Bagikan ke
Prospek kerja jurusan aktuaria. (siker)

siker.id - Saat anda sedang di bangku kelas 12 SMA, tentunya anda akan mengambil beberapa pilihan salah satunya adalah melanjutkan ke perguruan tinggi. Ada beberapa jenis di perguruan tinggi antara lain institusi, perguruan tinggi negeri atau swasta, akademi, dan lain sebagainya. Jurusan aktuaria termasuk jurusan favorit di seluruh indonesia akan tetapi belum semua perguruan tinggi ada jurusan aktuaria. Sebelum lebih dalam lagi kita membahas, sobat sikers terlebih dahulu mengetahui tentang jurusan aktuaria. Jurusan aktuaria mempelajari di bidang matematika yang sering disebut juga dengan matematika asuransi. Ilmu aktuaria merupakan ilmu yang mempelajari tentang asuransi alias pengelolaan risiko keuangan pada masa yang akan datang. Saat sikers memilih dan yakin terhadap ilmu aktuaria maka, anda akan mendapatkan mata kuliah kombinasi antara lain kombinasi dengan ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan, pemrogaman komputer, dan lain sebagainya. Pada jurusan ini juga, kalian akan mempelajari segala yang berkaitan dengan perhitungan resiko. Jadi, buat sikers nih yang menyukao sekaligus minat dengan pelajaran matematika khususnya berhubungan dengan probabilitas maka, aktuaria adalah jurusan yang cocok buat kamu! Berikut ini beberapa prospek jurusan aktuaria:

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil Terbaru

Aktuaris

Salah satu prospek jurusan aktuaria adalah menjadi aktuaris. Aktuaris merupakan seseorang yang bertugas untuk menyelesaikan persoalan bisnis suatu perusahaan yang berhubungan dengan analisa kejadian di masa mendatang dengan menggunakan ilmu keuangan dan statistika. Pada umumnya, aktuaris akan bekerja di industri keuangan seperti perusahaan asuransi baik asuransi jiwa, asuransi umum,ataupun asuransi kesehatan. Selain itu, kalian juga dapat bekerja di lembaga keuangan yang mengelola dana pensiun.

Surveyor Resiko Akuntansi

Salah satu prospek jurusan aktuaria yang tidak kalah penting adalah menjadi surveyor resiko akuntansi. Surveyor resiko akuntansi merupakan suatu profesi dimana anda akan menjadi seorang ahli untuk memberi pendapat atas kondisi fisik dan risiko objek tertentu. Objek yang dimaksud adalah objek yang akan diasuransikan. Adapun tugas yang diemban antara lain melakukan survey pada objek yang akan diasuransikan.

Baca juga: Yuk, Simak ! Prospek Kerja Teknik Nuklir

Konsultan keuangan

Salah satu prospek jurusan aktuaria yang sudah sangat familiar adalah menjadi seorang konsultan keuangan. Sebagai lulusan jurusan aktuaria, anda memiliki kemampuan untuk mengukur risiko keuangan. Jika sikers punya kemampuan tersebut maka anda mempunyai kesempatan untuk menjadi konsultan keuangan.

Sekian artikel tentang prospek kerja jurusan aktuaria. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Lulusan Administrasi Fiskal Berikut Prospek Kerjanya


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar