Anda Senang Melukis dan Menari Yuk Masuk di Jurusan Seni
Siker.id | 19 Jan 2022 10:20


Bagikan ke
Bila senang dengan melukis, menari maupun musik bisa masuk jurusan seni. (siker)

siker.id - Apakah Anda merasa terpanggil untuk kuliah di jurusan seni? Udah tahu kan, kalau Jurusan Seni ada banyak macamnya? Tak hanya di Yogayakarta, Solo, atau Denpasar, masih ada kota-kota lain dengan universitas bagus yang memiliki Jurusan Seni yang baik. Langsung saja kita bahas satu persatu mulai dari Jurusan Seni Rupa yang akan membawamu mempelajari seni rupa mulai dari proses penciptaan hingga pengkajian karyanya. Fokus di Jurusan ini sendiri diantaranya seni patung dan seni lukis. Tak hanya proses penciptaan karya seni, Anda juga akan mempelajari berbagai teori yang ada di balik seni rupa, seperti diantaranya sejarah seni rupa baik di nusantara maupun dunia. Seni rupa juga akan mempelajari manajemen seni rupa, sosiologi seni, serta kritik dan tinjauan seni rupa. Selain teori, Anda juga akan banyak mengikuti berbagai kegiatan praktek studio, seperti diantaranya praktek memahat kayu, dan keramik. Terdapat cukup banyak mata kuliah praktek di jurusan ini, dan tugas yang akan banyak Anda dapatkan diantaranya menghasilkan masing-masing satu karya seni, serta membuat laporan tentang ulasan karya seni yang dipamerkan. Pada Seni Rupa Murni, nilai estetika dan artistik sendiri lebih diutamakan dibanding nilai guna nya.

Baca juga: 5 Keuntungan Memilih Jurusan Administrasi Fiskal

Kuliah Seni ada Dimana Saja?

Kampus terbaik untuk Jurusan Seni terbaik di Indonesia yang pertama di ISI JOGJA memiliki 3 fakultas, yaitu Fakultas Seni Rupa,Fakultas Seni Pertunjukkan, Fakultas Seni Media Rekam. ISI telah banyak meluluskan seniman-seniman dan profesional yang tersebar dalam berbagai fungsi, profesi dan keahlian, baik di dalam maupun di luar negeri. Prof. Drs. But Muchtar adalah salah satu rektor ISI yang karyanya sampai sekarang dapat dilihat di depan gedung DPR/MPR RI, di Senayan, Jakarta. Yang kedua ada di ISI Solo memiliki program studi antara lain seni tari, seni karawitan, seni etnimusikologi, seni desain interior dan masih banyak lagi.ISI Surakarta adalah pemrakarsa Pentas Tari 24 Jam yang diselenggarakan setiap tahun pada tanggal 29 April 2007 untuk memperingati Hari Tari Internasional. Dalam pagelaran ini ditampilkan berbagai tari dari berbagai wilayah Indonesia dan juga dari sejumlah perwakilan negara lain. Ketiga ada jurusan Seni ada di ISI Denpasar bertempat di pulau Dewata Bali ISI Denpasar memiliki 2 fakultas yaitu Fakultas Seni Pertunjukkan ( program studi tari, musik, seni karawitan, pedalamgan, dan pendidikan sendratasik) dan Fakultas Seni Rupa dan Desain (program studi seni murni, studi kriya, desain interior, desain komunikasi visual, fotografi, desain mode dan film & televisi). Selanjutnya ada di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) disana terdapat banyak program studi di IKJ, salah satunya adalah Program Studi Seni Murni, Program Studi Seni Kriya. Banyak tokoh yang terkenal salah satunya Iwan Fals yang bernama lahir Virgiawan Listanto adalah seorang Penyanyi beraliran Balada, Pop, Rock, dan Country yang menjadi salah satu legenda di Indonesia.

Baca juga: 5 keuntungan Bila Memilih Jurusan Manajemen

Demikain artikel tentang jurusan Seni. Sudah cukupkah kemampuanmu saat ini untuk mengambil jurusan ini? Kalau kamu memiliki bakat dan minat dalam dunia seni, tidak ada salahnya untuk mengembangkan minatmu di prodi ini. Apabila anda menyukai artikel ini, maka anda bisa bagikan kepada orang tua, anak, dan rekan kerja anda. Jika anda memiliki saran, kritik, dan komentar bisa menuliskan di kolom komentar. Terimakasih

Baca juga: 5 Keuntungan Memilih Jurusan Teknik Komputer


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar