Berikut Ini 5 Jurusan Favorit Bagi Siswa Lulusan IPS
Siker.id | 13 Jan 2022 18:15


Bagikan ke
Jurusan yang menjadi favorit siswa lulusan IPS. (siker)

siker.id - Siswa SMA lulusan IPS akan dihadapkan dengan berbagai pilihan jurusan kuliah yang selaras dengan bidang minat mereka saat mendaftar perguruan tinggi. 10 Jurusan kuliah ini diketahui menjadi jurusan yang paling diminati anak IPS. Memilih jurusan kuliah membutuhkan banyak pertimbangan. Mulai dari kesesuaian dengan bidang minat hingga prospek kerja setelah lulus kuliah. Selain itu, jurusan favorit dan jurusan sepi peminat juga bisa dijadikan pertimbangan untuk mengetahui seberapa besar peluang untuk diterima. Berikut ini beberapa jurusan yang menjadi primadona bagi siswa lulusan IPS.

Baca juga: Berikut 5 Jurusan Favorit Bagi Siswa Lulusan IPA

1. Ilmu Komunikasi

Meski namanya ilmu komunikasi, di jurusan ini kamu tidak hanya belajar cara berkomunikasi. Pelajaran-pelajaran seru seperti public speaking, menulis berita, fotografi, desain dan animasi, membuat iklan, dan film juga dipelajari dalam jurusan ini. Intinya, kamu akan belajar secara lebih dalam mengenai aspek-aspek komunikasi, baik secara teori dan praktik.

2. Hubungan Internasional

Hubungan Internasional dianggap merupakan salah satu jurusan bergengsi. Para mahasiswanya mempelajari segala sesuatu berhubungan dengan aktivitas interaksi lintas batas antar negara, seperti seni diplomasi, politik luar negeri, perdagangan luar negeri, ekonomi internasional, hukum internasional, dan globalisasi.

3. Administrasi Bisnis

Jurusan ini dikenal juga dengan nama Administrasi Niaga mempelajari tentang administrasi secara umum serta tentang manajemen pekerjaan klarikal kantor, pengelolaan sarana dan prasarana kantor, serta proses data secara akurat demi mendukung sebuah usaha bisnis agar efektif dan efisien.

Baca juga: Berikut Keuntungan Bekerja Tidak Sesuai Jurusan

4. Psikologi

Jika anak IPA punya jurusan Kedokteran, maka anak IPS punya jurusan Psikologi. Ya, jurusan Psikologi ini menjadi jurusan yang paling banyak diminati oleh siswa lulusan IPS. Jurusan ini juga memiliki prospek karier yang menjanjikan. Setelah lulus dari jenjang S1, mahasiswa Psikologi dapat melanjutkan ke jenjang S2 profesi dan dapat menjadi seorang psikolog dengan membuka praktik konsultasi mandiri. Selain itu, lulusan Psikologi juga akan dibutuhkan di banyak sektor, baik di perusahaan, maupun di sektor pendidikan, kesehatan, pariwisata, hingga manufaktur.

5. Ilmu Hukum

Profesi pengacara atau lawyer menjadi profesi yang bergengsi karena terkenal dengan pendapatannya yang tinggi. Tak heran jika banyak anak IPS mengambil jurusan Ilmu Hukum untuk dapat menjadi seorang pengacara. Lulusan Ilmu Hukum juga bisa menjadi seorang notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Untuk menuju ke sana, setelah lulus dari S1, mahasiswa Hukum dapat mengambil jenjang profesi terlebih dahulu.

Sekian artikel tentang jurusan kuliah yang menjadi primadona lulusan IPS. Bila menyukai artikel ini bisa Anda Bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima Kasih.

Baca juga: Berikut Tips Meniti Karir Meski Beda Jurusan


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar