icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Keuntungan Bekerja Tidak Sesuai Jurusan
Siker.id | 06 Jan 2022 19:00


Bagikan ke
Keuntungan bekerja tidak sesuai jurusan. (siker)

siker.id - Mungkin ada beberapa faktor yang membuat kita akhirnya harus bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan jurusan kita. Bahkan, menurut sebagian orang hal ini adalah hal yang tidak menguntungkan. Tapi tunggu dulu seperti ada istilah yang mengatakan dibalik suatu kejadian pasti ada hikmah yang bisa diambil. Nah, apa saja keuntungan yang bisa kita dapatkan ketika kita bekerja tidak sesuai dengan jurusan kita? Berikut ulasannya!

Baca juga: Berikut Alasan Bekerja Harus Sesuai Minat dan Hobi

1. Memberi Pengetahuan dan Skill Baru

Mungkin, pada saat awal bekerja Anda merasa kesulitan karena semua yang berhubungan di pekerjaanmu adalah hal yang baru dan belum pernah Anda pelajari sebelumnya. Semuanya harus dimulai dari nol. Namun, keadaan ini justru membuatmu terus belajar untuk mendapatkan pengetahuan dan skill baru yang akan meningkatkan kualitas diri. Anda akan mendapatkan hal baru yang tidak bisa didapatkan di bangku kuliah. Selain itu, kamu juga akan menjadi pribadi yang resilient dan mampu menghadapi segala tantangan dalam hidup.

2. Membawa Keluar Dari Zona Nyaman

Mempelajari sesuatu yang mana kita sudah punya basic di bidang tersebut memang lebih mudah daripada belajar sesuatu yang dimulai dari nol. Hal ini mungkin membuatmu merasa tidak nyaman karena harus terus beradaptasi di keadaan yang baru. Anda akan menghadapi berbagai macam kesulitan. Keadaan inilah yang dimaksud dengan keluar dari zona nyaman. Meskipun pada awalnya terasa sulit dan melelahkan, keluar dari zona nyaman akan membuatmu lebih berkembang.

3. Masih Bisa Memanfaatkan Ilmumu di Luar Jam Kantor

Tidak ada ilmu yang sia-sia, kecuali jika Anda memang sengaja menyia-nyiakannya. Apa yang sudah Anda pelajari di bangku kuliah bisa Anda pergunakan di luar jam kantor, misalnya dengan melakukan side job yang berkaitan dengan jurusanmu. zaman sekarang, hampir sebagian besar orang memiliki sumber pendapatan lain di luar pekerjaan utama mereka. Mereka memiliki alasan yang jelas, yaitu ingin segera mencapai kebebasan finansial.

Baca juga: Mengapa Banyak Karyawan Tidak Nyaman Bekerja?

4. Pola Pikir Menjadi Lebih Luas

Bekerja tidak sesuai jurusan saat kuliah akan membuka cara pandang kita dan tentunya akan membuat pola pikir kita menjadi lebih luas. Misalnya, pada saat kuliah Anda mengambil jurusan di bidang kesenian yang biasanya cenderung lebih santai dan cuek dalam hal berpenampilan. Contohnya, dalam hal berpakaian dan mungkin rambut yang sering acak-acakan. Setelah bekerja di sebuah perusahaan maka Anda akan dituntut untuk berpenampilan rapi. Anda bukan saja mendapatkan pengalaman baru atau pandangan baru tetapi pola pikirmu juga akan lebih luas.

5. Mengasah Bakat Yang Terpendam

Mungkin pada saat kuliah Anda hanya fokus pada satu bidang saja sehingga Anda tidak sadar ternyata Anda memiliki bakat lain yang masih terpendam dalam diri kamu. Nah, siapa tahu pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusanmu ini adalah jalan Anda menemukan bakat itu dan mengembangkannya. Jadi tetaplah berfikir positif, bukankah Tuhan telah merancang segala sesuatu boleh terjadi dalam hidup kita untuk kehidupan yang lebih baik.

Sekian artikel tentang untungnya bekerja tidak sesuai jurusan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Dampak Buruk Bekerja Sebagai Deadliner?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar