icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Meniti Karir Meski Beda Jurusan
Siker.id | 31 Dec 2021 16:30


Bagikan ke
Tips meniti karir meski beda jurusan. (siker)

siker.id - Memilih karir profesional tidak mesti sama dengan jurusan kuliah yang Anda jalankan. Anda bisa mengembangkan karier yang Anda mau meski bertolak belakang dengan latar belakang pendidikanmu. Hal ini dikarenakan jikalau Anda hanya menunggu pekerjaan yang sejalur dengan jurusan kuliah, mungkin saja sampai tua tidak bakalan mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Maka dari itu fakta yang sering kita temukan di dunia, ada lebih banyak orang yang justru meraih sukses, karier gemilang, di luar jurusan kuliahnya. Adapun, keahliannya dalam dunia kerja tersebut didapat dari seiring berjalannya waktu atau pengalaman. Lantas, bagaimana caranya bisa bekerja di jalur atau bidang yang berbeda dengan jurusan kuliah? Berikut tips meniti karir beda jurusan.

Baca juga: Berikut 5 Hal Membuat Anda Pantas Dapat Promosi Karir

1. Lakukan dengan Strategi dan Jangan Terburu

Untuk bisa meniti karier di jurusan yang berbeda, Anda disarankan untuk melakukannya dengan penuh strategi dan tidak buru-buru. Adapun tipsnya adalah membangun portofolio yang baik agar jadi bukti bahwa Anda memang memiliki kredibilitas untuk berada di posisi yang dilamar. Siapkan strategi terlebih dahulu, Anda harus punya benang merah atau prestasi yang bisa dibawa. Walaupun tidak punya pengalaman di bidang tersebut, kalau ada benang merahnya, peluang akan semakin besar.

2. Asah Skill sesuai Kualifikasi yang Dibutuhkan

Terkait pengalamannya bekerja di bidang yang gak sesuai dengan jurusan, Sam menegaskan agar kamu bisa mengasah skill yang dimiliki. Dengan begitu, ketika nantinya kesempatan datang, maka kamu sudah siap untuk meraihnya. Semuanya datang ketika kesempatannya ada. Bisa saja Anda sudah mengasah skill sehingga kesempatannya cocok dengan kemampuan yang sudah Anda punya.

3. Dari Hobi Jadi Profesi

Melakukan sesuatu yang disenangi tentu akan jauh lebih mudah dan nyaman, ketimbang yang tidak kamu minati. Hal tersebut pun juga berlaku dengan pekerjaan yang ingin kamu tekuni. Meski kamu memiliki pekerjaan yang sejalan dengan jurusan kuliah, kalau tidak ada minat sama sekali, hal tersebut akan menjadi percuma dan menyiksa diri. Jika ingin bekerja di luar jurusan kuliah, hobi bisa mengantarmu pada kesuksesan. Kesuksesan bisa mengantarmu ke banyak peluang dan juga pemasukan.

Baca juga: Berikut Ini 5 Kunci Sukses Dalam Karir

4. Tetap Percaya Diri

Perasaan minder dan tak percaya diri wajar muncul jika bekerja tidak sesuai dengan jurusan. Namun semua itu harus disingkirkan. Karena hal negatif akan membawa aura negatif lainnya ke dalam diri Anda. Oleh sebab itu, walaupun memasuki bidang pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusan sewaktu kuliah tersebut, tetaplah percaya diri. Yakinkan diri bahwa semua beban dan tanggung jawab dalam pekerjaan bisa Anda selesaikan dengan baik.

5. Sertifikasi

Kebanyakan perusahaan mencari tenaga kerja yang mempunyai sertifikat keahlian pada bidang yang dicarinya. Jadi, Ada baiknya jika Anda mencoba mempelajari bidang keahlian yang ingin kamu dapatkan dalam bekerja dan raihlah sertifikat di bidang tersebut. Misalnya saja, Anda ingin bekerja dalam bidang IT, sedangkan jurusan kuliah Anda adalah ekonomi. Maka, carilah sertifikat dibidang komputer dengan cara mengikuti pelatihan di suatu lembaga yang mengeluarkan sertifikat tersebut.

Sekian artikel tentang tips meniti karir meski beda jurusan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Cara Menentukan Jenjang Karir Yang Tepat


Editor: Theo Adi -

     

Komentar