icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Soft Skill Dasar Menjadi Seorang Mentor
Siker.id | 27 Jun 2022 17:30


Bagikan ke
Soft skill menjadi seorang mentor yang baik (siker)

siker.id - Sebelum menjadi ahli pada bidang sesuatu, seseorang pastinya membutuhkan seorang mentor. Untuk menjadi seorang mentor, rupanya terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tidak sembarangan, soft skill dasar untuk seorang mentor dalam tugas rupanya beragam. Gak hanya kemampuan khusus di bidangnya, soft skill dasar untuk seorang mentor juga perihal hal-hal sederhana yang kadang sering terlupakan. Sebelum kamu memang turun menjadi mentor, berikut soft skill yang wajib kamu kuasai.

Baca juga: 5 Soft Skills Yang Dibutuhkan Di Dunia Kerja

Empati

Memiliki empati akan memudahkan kamu untuk menerapkan metode mentoring yang tepat. Soft skill ini membuat kamu lebih mudah menyelami kondisi orang yang kamu bimbing. Karena kondisi setiap orang, metode mentoring yang akan diterapkan juga sudah pasti harus berbeda-beda. Selain itu, jika kamu memiliki empati kepada orang yang kamu bimbing, maka secara tak langsung kamu telah menciptakan rasa percaya di antara kalian, yang mana akan semakin memudahkan waktu mentoring.

Memberikan kritik yang membangun

Seorang mentor yang baik tidak hanya harus memiliki kemampuan untuk mendeteksi atau mengetahui kesalahan seseorang, namun seoranh mentor juga harus berani memberikan saran yang membangun, tanpa membuat orang lain merasa 'kecil' atau malu. Sebagai seorang mentor, kamu tidak boleh merasa gak enakan agar orang yang kamu bimbing bisa berkembang. Kalaupun ada situasi dimana kamu harus menegur secara keras, maka kamu perlu melakukannya untuk kebaikan orang yang kamu bimbing.

Baca juga: Tak Punya Skill, Ini 4 Tips Berkarir Di Industri Teknologi

Manajemen konflik

Orang yang akan kita bimbing tentu memiliki kebiasaan dan sifat yang berbeda-beda. Terkadang apa yang kamu lakukan bisa saja memicu konflik meski terlihat benar. Karena hal inilah manajemen konflik harus diterapkan untuk menghindari kemungkinan terjadi konflik. Dengan mengubah cara bicara, memberikan pendapat, hingga memberikan tugas, maka kamu bisa mengurangi atau bahkan meniadakan konflik yang bisa terjadi.

Sekian artikel tentang soft skill buat menjadi seorang mentor. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Skill yang Akan Dicari Beberapa Tahun Kedepan


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar