icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tak Punya Skill, Ini 4 Tips Berkarir Di Industri Teknologi
Siker.id | 24 Jun 2022 15:00


Bagikan ke
Ilustrasi bekerja di Industri Teknologi (freepik/siker.id)

siker.id - Ternyata, industri teknologi tidak hanya melulu tentang coding atau pemrograman. Seseorang yang tidak memiliki skill pemrograman atau latar dan pengalamn non-tech saja bisa punya kesempatan untuk berkarir di industri ini, lho.

Berikut ini beberapa tips untuk berkarir di industri teknologi walaupun tidak memiliki skill pemrograman.

Baca juga : Berikut Tren Terbaru Perekrutan Era Teknologi

1. Pahami berbagai disiplin utama di industri teknologi

Industri teknologi bergeraknya amat cepat. Industri ini tak hanya soal skill IT, tapi juga ragam latar. Ini beberapa disiplin utama yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan tech, yakni web developmentmobile development, product management, data analytics​​​​​​​, digital marketing, dan UX design

2. Dapatkan ilmunya

Kamu butuh perencanaan matang kalau mau berkarier di industri teknologi. Salah satunya dengan memperdalam ilmu dan keterampilan.

Kamu bisa belajar berbagai skill profesional yang dibutuhkan di perusahaan-perusahaan teknologi dengan belajar autodidak dari berbagai materi, kuliah lagi di bidang yang relevan, dan ikut bootcamp, pelatihan, kursus, atau workshop.

Baca juga : Teknologi akan Membawa Metode Kejahatan Baru

3. Bangun portofoliomu

Setelah kamu mengantongi ilmu dan kemampuan praktis, sekarang saatnya membangun portofoliomu. Kamu bisa memulainya dengan mencari pekerjaan sampingan. Atau diskusikan dengan atasanmu di kantor saat ini agar kamu bisa terlibat dalam proyek-proyek yang relevan dengan industri teknologi.

4. Perluas jaringanmu

 

Industri teknologi itu luas, sebetulnya jejaringnya cukup sempit dan komunitasnya cukup erat. Dengan punya banyak kenalan di industri ini, kamu jadi tahu posisi apa saja yang sedang terbuka. Kamu bahkan bisa minta untuk direkomendasikan ke perusahaan incaranmu kalau ada kenalan yang bekerja di sana.

Itulah dia beberapa tips jika ingin berkarir di industri teknologi tetapi tidak memiliki skill pemrograman atau non-tech, selain itu kamu juga bisa memulai karirmu di perusahaan startup, lho.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Cara Meningkatkan Rekrutmen Perusahaan di Era Teknologi


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar