icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Soft Skills Yang Dibutuhkan Di Dunia Kerja
Siker.id | 09 May 2022 13:45


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Saat bekerja, pastinya kita harus memiliki skill, seperti hard skill dan soft skill. Ketika hard skill kita sudah terpenuhi dengan posisi atau pekerjaan yang sesuai, pastinya soft skill juga harus mengikuti dan lebih kita kuasai. Karena soft skill adalah cermin hubungan seseorang dengan orang lain, pendekatan dalam hidup, hingga nilai-nilai yang dianut oleh orang tersebut.

Berikut serangkaian soft skill yang harus dimiliki.

Baca juga : Inilah Basic Skill Yang Harus Dimiliki Jurnalis

1. Komunikasi

Kemampuan berkomunikasi secara verbal maupun tulisan dengan sesama rekan kerja dan klien dianggap sebagai salah satu skill yang sangat dikagumi oleh para pencari kerja.

2. Teamwork

Seseorang harus memiliki kemampuan untuk bekerja sendiri dan bekerja sama dengan tim yang sama baiknya. Ini meliputi mampu menjalankan dan mendistribusikan tugas dengan baik untuk meraih kesuksesan secara tim.

Baca juga : 3 Skill-set yang Harus Dimiliki oleh Blogger

3. Leadership

Skill leadership penting dimiliki semua orang, sekalipun mereka tidak mengampu posisi sebagai pimpinan. Ini adalah kualitas yang banyak dicari di dunia kerja karena tugas-tugas harian yang dilakukan memerlukan kemandirian yang tinggi. Ini artinya, skill leadership dapat digunakan untuk memimpin diri sendiri.

4. Pemikiran analitis

Ini meliputi kemampuan beradaptasi dengan perubahan keadaan, menghadapi tantangan, mengembangkan strategi baru untuk menangkis semua halangan yang ada. Dengan ketrampilan untuk menganalisis setiap kondisi secara rinci, seseorang bisa berkontribusi terhadap perkembangan organisasi, tim, dan diri sendiri sebagai individu.

5. Kreativitas

Ketrampilan lain yang sangat dicari di dunia kerja adalah “thinking outside the box” atau berpikir kreatif. Menawarkan sudut pandang yang unik dan melihat suatu hal dari segala sisi sangat penting untuk menghasilkan ide baru yang bisa mendorong suatu bisnis untuk maju.

Itulah dia beberapa soft skills yang wajib dimiliki saat kita sudah memasuki dunia kerja, semoga bermanfaat. Sekian artikel ini menjelaskan, jika ada kritik dan saran dapat dituliskan pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Skill Wajib yang Harus Dikuasai Purchasing Staff


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar