3 Tips Dalam Membangun Talent Pool yang Efektif
Siker.id | 17 Jun 2022 20:30


Bagikan ke
Perlunya membangun talent pool (siker)

siker.id - Membangun sebuah perusahaan tidak hanya membicarakan soal bisnis dan pendapatan saja, namun lebih dari itu, kamu juga perlu mengelola SDM atau sumber daya manusia yang ada di dalamnya. Tidak hanya perseorangan yang telah terdaftar menjadi karyawan, pihak perusahaan juga bisa mengumpulkan data kandidat dengan talenta yang berpotensial. Hasil kumpulan data tersebut disebut dengan talent pool. Nah membangun talent pool ini ternyata tidaklah bisa sembarangan. Berikut ini beberapa tipsnya!

Baca juga: 5 Tanda Anda Menemukan Kandidat Yang Tepat

Sediakan halaman khusus karier di website perusahaan

Setiap perusahaan tentu memiliki halaman website resmi. Untuk menjaring data dari kandidat untuk talent pool, tidak ada salahnya untuk menyediakan satu halaman khusus karier. Halaman ini akan menjadi wadah untuk membagikan informasi lowongan pekerjaan hingga formulir untuk mendaftar. Keunggulan dari tips satu ini, yaitu pelamar kerja akan lebih percaya dengan lowongan kerja yang tersedia karena informasi yang didapatkan resmi dari situs perusahaan.

Terhubung dengan kandidat lama dan jaringannya

Terkadang tidak semua kandidat bisa berakhir bergabung dengan perusahaan. Namun, tidak ada salahnya untuk tetap terhubung dengan kandidat tersebut. Siapa tahu kedepannya masih ada kemungkinan untuk berkolaborasi. Tidak hanya itu, kamu juga bisa terjaring dengan koneksi mereka yang masih satu bidang. Bahkan tidak jarang HR akan bertanya apakah ada rekan yang disarankan dari kandidat tersebut untuk berkesempatan mengambil posisi yang ditawarkan.

Baca juga: 4 Tips Membuat Kandidat Nyaman saat Interview

Gunakan tools HR

Salah satu software yang cukup terkenal di kalangan human resource adalah ATS atau sistem yang membantu HR dalam memfilter kandidat yang cukup banyak dalam waktu yang cukup singkat. Cara ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Karena bergantung dengan sistem, tidak jarang ada kandidat yang seharusnya sesuai tetapi terlewat dan tidak tergolong yang sesuai. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba metode ini dalam proses penyaringan pertama.

Sekian artikel tentang tips membangun talent pool yang sangat efektif. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Alasan Sulitnya Mendapatkan Kandidat


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar