Berikut Alasan Sulitnya Mendapatkan Kandidat
Siker.id | 08 Feb 2022 13:00


Bagikan ke
Alasan sulitnya mendapatkan kandidat. (siker)

siker.id - Beberapa perekrut mungkin sering mengeluhkan sulitnya menemukan kandidat yang tepat. Akan tetapi, semua itu bukan semata-mata disebabkan kurangnya tenaga kerja yang tersedia. Tapi ada beberapa faktor lainnya yang mungkin kurang kamu perhatikan. Mendapatkan kandidat yang tepat memang bisa dikatakan gampang susah.

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin kamu lakukan sehingga sulit untuk mendapatkan kandidat yang tepat.

Baca juga: Berikut Hal yang Menjadi Ketakutan Karyawan di Tempat Kerja

Kurang aktif di media sosial

Generasi milenial pasti akan menjadi bagian dari sebagian besar kandidat yang ada. Hal ini sudah tak bisa dipungkiri lagi. Generasi ini juga sangat lekat dengan teknologi. Mereka sudah pasti sangat mengenal berbagai media sosial. Mereka menghabiskan sebagian besar waktu di media sosial.

Dengan begini, untuk mendapat kandidat berkualitas yang tepat, kamu harus mulai mengikuti gaya hidup kandidat milenial. Berperanlah lebih aktif dalam media sosial. Sampaikan informasi mengenai perusahaan di media sosial, dan mulailah dekati generasi milenial untuk membentuk talent pool kamu.

Wawancara kurang informatif

Di satu sisi, perekrut pasti akan menilai kandidat. Di sisi lain, kandidat pun memberikan penilaian terhadap perusahaan. Salah satunya melalui tahapan wawancara.

Para kandidat biasanya ingin mengetahui latar belakang perusahaan serta peran mereka nantinya. Jika kamu tak berhasil membuat kandidat tertarik dengan perusahaan, maka mereka akan enggan untuk bergabung.

Baca juga: 5 Tips Agar Karyawan Lebih Produktif

Kriteria pencarian sempit

Kesalahan yang menyebabkan sulitnya mendapat kandidat berkualitas berikutnya adalah, sempitnya kriteria pencarian. Kamu ingin mendapat kandidat yang sangat pas, namun kriterianya terlalu spesifik.

Jangan terlalu fokus pada kriteria saja. Perhatikan juga potensi kandidat. Ada banyak kandidat yang mungkin memiliki kualifikasi mendekati dengan pencarianmu. Jangan lewatkan mereka begitu saja. Mereka bisa jadi memiliki potensi luar biasa, yang bisa mendukung perusahaanmu.

Informasi lowongan tak menarik

Untuk dapat membuat kandidat tertarik, pasang informasi pekerjaan yang lengkap. Dari informasi tersebut, kandidat yang memang berminat biasanya akan mengunjungi situs perusahaanmu.

Pastikan situs yang kamu buat merepresentasikan aspek menarik perusahaan. Jika ingin kandidat berkualitas, buatlah lowongan pekerjaan yang atraktif.

Sekian artikel tentang alasan sulit mendapatkan kandidat terbaik. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 5 Kendala Dalam Proses Rekrutmen Karyawan


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar