5 Tanda Anda Menemukan Kandidat Yang Tepat
Siker.id | 01 Apr 2022 15:02


Bagikan ke
Interview sedang berlangsung dengan kandidat (siker.id/freepik)

siker.id - Dalam rekrutmen untuk menemukan kandidat yang tepat, perekrut perlu bertemu dengan beberapa kandidat. Karena tugas perekrut sebagai perantara atau mak comblang yang mempertemukan kandidat dan organisasi. Meski ada kemungkinan pertama kali bertemu kandidat, tetapi perekrut yakin posisi yang dibutuhkan dengan kandidat akan cocok. Begitupun dengan user yang setuju pada keyakinan perekrut.

Sudah hal wajar bagi perekrut jika bertemu dengan banyak orang. Selain melihat curriculum vitae, perekrut mempunyai naluri dalam memilih kandidat.

Perekrut memperoleh kandidat yang tepat dengan melakukan interview, menganalisis tes psikologi, dan mempertimbangkan skill test bersama user. Selain itu, perekrut juga mencari sekaligus mengidentifikasi hal-hal yang nantinya akan menunjang tujuan perusahaan, serta harus mengetahui apakah kandidat tersebut cocok dengan budaya perusahaan dan sesuai kriteria tim.

Baca juga : 3 Hal yang Perlu Dihindari saat Interview Kerja

Terlepas dari kecocokan kriteria keterampilan teknis, apabila perekrut menemukan ciri-ciri di bawah pada kandidat, mereka mungkin kandidat yang tepat untuk organisasi Anda.

1. Memiliki pengetahuan luas

Perekrut dan user akan memilih kandidat dengan pengetahuan luas. Kandidat yang memiliki pengetahuan luas dapat diartikan bahwa kandidat memiliki pengetahuan di bidang kerjanya, mengetahui bisnis atau produk/jasa perusahaan yang dilamar, serta mempelajari budaya perusahaan.

2. Mempunyai antusiasme terhadap organisasi

Kandidat yang tepat di mata perekrut adalah harus mempunyai antusiasme terhadap perusahaan. Antusiasme ini dapat ditunjukkan dengan menggali informasi tentang perusahaan, bahasa tubuh, dan nada bicara.

3. Jujur dengan kemampuannya

Apabila perekrut menjumpai kandidat yang jujur dengan kemampuannya, itu salah satu tanda perekrut menemukan kandidat yang tepat. Sering kali perekrut mencari kandidat yang terbaik atau sempurna, tak ada salahnya, tetapi tidak ada manusia yang sempurna.

Baca juga : 4 Kiat Mempersiapkan Diri Sebelum Panel Interview

Berdasar informasi dari Laura Handrick sebagai Analis Karier dan Workplace di Fit Small Business menyadari bahwa tidak ada orang sempurna. Menurutnya, kandidat yang bisa tumbuh bersama perusahaan adalah orang yang mau belajar dari kesalahan dan mengembangkan potensi, bukan orang yang meyakinkan perekrut bahwa mereka tidak pernah melakukan kesalahan.

4. Berkomunikasi dengan baik

Perekrut yang melakukan interview, seperti interview yang berjalan lancar menunjukkan bahwa Anda telah menemukan kandidat yang tepat. Kondisi ini biasanya ditandai dengan adanya percakapan dua arah yang alami, maka tidak heran jika perekrut menandai kandidat yang mampu berkomunikasi dengan baik, aktif, sopan, dan responsif.

Saat ini, banyak wawancara kerja yang dilakukan melalui telepon atau konferensi video. Jadi perekrut bisa membedakan antara suara yang optimis atau malas. Bahkan perekrut dapat melihat bahasa tubuh yang positif atau tidak.

5. Respon yang cepat

Perekrut akan memberi tanda kepada kandidat yang cepat merespon melalui telepon ataupun surel bahwa ini adalah kandidat yang tepat. Karena perekrut memiliki lini masa kerja yang ketat.

Perekrut juga perlu untuk melakukan background checking dan mengecek media sosial kandidat. Hal itu untuk menginvestigasi perilaku kandidat sebelumnya. Apabila perekrut telah menemukan lima tanda di atas, tidak perlu ragu untuk mengambil keputusan. Sebaliknya, apabila perekrut menemukan ada red flag atau hal janggal pada kandidat, pikirkan ulang untuk melanjutkan proses rekrutmen. 

Sekian artikel tentang 5 tanda anda menemukan kandidat yang tepat. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 4 Tips Membuat Kandidat Nyaman saat Interview


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar