icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Tips Membuat Kandidat Nyaman saat Interview
Siker.id | 15 Feb 2022 15:30


Bagikan ke
Membuat kandidat nyaman saat interview. (siker)

siker.id - Membuat kandidat merasa nyaman merupakan langkah cerdas dan penting dalam proses rekrutmen. Salah satunya adalah membuat kandidat merasa nyaman saat interview kerja.

Proses ini sangat memungkinkan HR maupun user bisa memperoleh banyak informasi tentang keterampilan dan kekurangan hingga kepribadian kandidat. Dengan demikian HR membantu user dalam menemukan kandidat yang tepat tanpa banyak membuang waktu.

Berikut ini tips bagaimana cara membuat nyaman kandidat saat interview kerja:

Baca juga: 4 Kesalahan saat Interview yang Membuat Lamaran Ditolak

Menyediakan ruang yang nyaman

Bagi sebagian orang, baik HR maupun kandidat, interview adalah proses yang “mengintimidasi”. Sediakan ruang yang nyaman baginya sembari menunggu kesiapan user.

Biasanya HR akan memilih ruang rapat untuk dijadikan tempat interview. Karena menggunakan ruang kerja (tumpukan berkas, laptop, alat tulis, dan barang-barang di meja) dan jika ruangan ditempati oleh rekan kerja lain dapat mengganggu fokus dan membuat tidak nyaman kandidat.

Memperhatikan Bahasa tubuh

Terkadang HR seperti cenayang. Ia mampu “membaca” bahasa tubuh kandidat. Perhatikan bahasa tubuh kandidat, seperti tanda-tanda bosan, duduknya gelisah, berkali-kali melihat jam tangan, dan lainnya.

Dari sisi HR pun demikian. Sebisa mungkin jaga bahasa tubuh agar terlihat positif. Misal tetap menjaga kontak mata untuk menunjukkan keterlibatan Anda pada pembicaraan kandidat.

Baca juga: Berikut 5 Pantangan Saat Interview Kerja

Memberikan waktu pada kandidat untuk menjawab

Berikan kandidat cukup waktu untuk menjawab pertanyaan secara detail dan tanpa harus terburu-buru.

Begitu pula dengan cara Anda bertanya. Perhatikan intonasi, jangan sampai nada bicara Anda seperti orang yang sedang menginterogasi pelaku kejahatan serta pilih pertanyaan yang tidak menyudutkan kandidat.

Berterima kasih

Untuk mengakhiri proses interview, ucapkan terima kasih atas waktu dan ketertarikan kandidat terhadap posisi di perusahaan Anda.

Kemudian beritahukan mengenai langkah berikutnya dan pastikan ia mengikuti proses selanjutnya. Berikan kandidat kesempatan untuk menghubungi Anda, jika tak ada kabar dari HR perusahaan lebih dari tujuh hari kerja.

Sekian artikel tentang tips membuat kandidat nyaman saat interview. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan ke banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Alasan Tidak Pernah Dipanggil Interview Kerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar