Ketahui 3 Tipe Jadwal Kerja Ini
Siker.id | 10 Jun 2022 17:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Di dunia kerja, kamu harus tahu dengan beberapa tipe jadwal jam kerja yang harus kamu ketahui. Selain jadwal kerja yang full time, ternyata ada banyak tipe jam kerja yang berbeda. Jangan sampai nantinya kamu tidak memahami secara jelas hingga merasa kaget saat sudah mulai bekerja.

Dibawah ini ada beberapa tipe jadwal kerja yang bisa kamu pahami.

Baca juga : Ketahui 5 Cara Ini Untuk Meningkatkan Daya Ingat

1. Jadwal kerja rotasi shift

 

Pasti kamu sering mendengar orang-orang yang akan bekerja di jadwal shift-shift tertentu, misalnya bekerja di shift siang dan shift malam. Pada umumnya, jadwal kerja yang satu ini akan membagi karyawan ke dalam beberapa jam kerja.

Bagi beberapa karyawan, jam kerja shift membuat mereka terkadang merasa lelah. Hal ini terjadi terutama karena adanya perubahan pola makan dan tidur apabila mendapatkan jadwal shift malam.

Jadwal shift ini biasanya digunakan untuk beberapa pekerjaan seperti pekerja di restoran, perawat, pekerja konstruksi, media, dan sebagainya.

2. Jam kerja tetap

Biasanya, jadwal kerja tetap cenderung berjalan konsisten setelah jumlah jam dan harinya telah disepakati oleh pemberi kerja dan karyawan di awal. Sebagai contoh, dalam kesepakatan telah disetujui jadwal kerja dari hari Senin-Jumat mulai jam 9 pagi sampai 5 sore atau dari hari Kamis-Minggu mulai jam 3 sore sampai 11 malam.

Baca juga : Ketahui 4 Perbedaan Ini Antara Bank Syariah & Konvensional

3. Freelance

Mungkin sebagian besar dari kamu sering mendengar istilah yang satu ini. Pasalnya, jam kerja freelance tidak mengenal batas khusus. Kamu bisa bekerja kapan saja ketika diberikan sebuah pekerjaan dari perusahaan ataupun agensi.

Biasanya, kamu akan diberi tenggat waktu untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Freelance juga dapat dijadikan opsi bagi kamu yang masih ingin bekerja di tempat lainnya.

Itulah dia beberapa jadwal kerja yang perlu kamu ketahui agar nantinya tidak merasa kaget jika sudah mulai bekerja, semoga membantu ya.

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Ketahui 5 Tugas Account Payable Staff


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

TAG :

Komentar