Ketahui 5 Tugas Account Payable Staff
Siker.id | 30 May 2022 15:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.idAccount payable mempunyai peranan yang penting untuk suatu perusahaan. Account payable merupakan salah satu istilah yang biasanya digunakan saat suatu perusahaan ingin membeli kebutuhannya secara kredit.

Biasanya, beberapa perusahaan ternama memiliki staf khusus yang memiliki tanggung jawab mengelola account payable. Namun, untuk perusahaan kecil atau menengah umumnya pekerjaan ini menjadi tanggung jawab akuntan saja.

Berikut ini adalah beberapa tugas dari account payable staff di perusahaan.

Baca juga : 3 Tugas Utama Editor Artikel

1. Berkoordinasi dengan Bagian Supply Chain

Seperti yang kita ketahui, kegiatan pembelian yang dilakukan oleh perusahaan dengan pihak luar tentu akan melibatkan banyak orang, seperti divisi penjualan, vendor, purchasing, produksi, dan juga pergudangan. Untuk itu, staff yang bertanggung jawab dalam hal ini harus mampu melakukan koordinasi dengan seluruh pihak tersebut secara tepat.

Koordinasi wajib dilakukan agar kegiatan pembelian yang dilakukan sesuai dengan rencana. Selain itu, seorang staff account payable juga wajib memahami siklus supply chain agar mampu memastikan bahwa barang yang sudah dibeli perusahaan bisa tiba ditujuan dengan selamat.

2. Analisa Kegiatan Pembelian

Kegiatan pembelian yang dilakukan biasanya sudah tercatat di dalam dokumen khusus. Tapi, terkadang tetap ada kesalahan kecil atau besar di dalam pencatatan dokumen tersebut. Hal ini dinilai wajar karena pekerjaan tersebut masih dilakukan oleh manusia.

Untuk itu, seorang staff account payable harus selalu melakukan pengecekan dokumen agar tidak terjadi kesalahan yang merugikan banyak pihak.

3. Pencatatan Kegiatan Pembelian

Seorang staff account payable juga memiliki tanggung jawab dalam melakukan pencatatan pada seluruh kegiatan pembelian. Cara ini dilakukan agar mampu memverifikasi jika terjadi kesalahan antara data di dalam dokumen dengan fakta yang ada di lapangan.

Baca juga : Apa Saja Sih Tugas Seorang Mekanik Mobil?

4. Pembayaran Pembelian yang Sudah Absah

Ketika pembelian sudah ditetapkan dan vendor pun sudah menyetujui, maka seorang staff account payable harus melakukan pembayaran. Setidaknya ada tiga jenis pembayaran yang bisa dipilih, yaitu:

  • Cash After Delivery (CAD), jenis pembayaran yang dilakukan ketika semua barang sudah dikirimkan oleh pihak vendor ke pihak perusahaan. Nantinya, pihak perusahaan akan langsung melakukan pembayaran secara tunai.
  • Cash Before Delivery (CBD), seluruh pembayaran wajib dilunasi oleh perusahaan sebelum pihak vendor mengantarkan barang pesanan.
  • Pembayaran dua tahap, pada tahap pertama, perusahaan akan melakukan pembayaran sebagai tanda jadi, setelah itu perusahaan akan melunasi pembayaran saat seluruh barang sudah dikirimkan oleh pihak vendor.

5. Buat Laporan dan Neraca Pembelian

Seorang staff account payable harus mencatat dan juga membuat laporan. Nantinya, laporan tersebut harus diserahkan oleh manajer atau supervisor nya.

Nah, itulah di atas tadi beberapa tugas dari account payable staff  di perusahaan, semoga membantu ya!

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 4 Tugas Utama HRD Generalist


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar