Ketahui 5 Cara Ini Untuk Meningkatkan Daya Ingat
Siker.id | 28 Apr 2022 12:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (siker.id/freepik)

siker.id - Bertambahnya usia pastinya kemampuan mengingat dan konsentrasi terkadang bisa saja menurun. Daya ingat biasanya erat kaitannya dengan fungsi otak. Agar daya ingat dan konsentrasi terjaga, Anda dapat melakukan beberapa upaya dengan menjalani pola hidup sehat.

Nah, berikut ini adalaha cara untuk meningkatkan daya ingat Anda.

Baca juga : 3 Tips Cara Meningkatkan Komunikasi Verbal

1. Perhatikan asupan nutrisi

Otak tentu memerlukan asupan makanan bergizi agar dapat berfungsi dengan optimal. Perbanyak konsumsi makanan, seperti sayuran hijau, ikan, teh hijau, dan kacang-kacangan, agar fungsi otak lebih terjaga.

Selain itu, kurangi atau batasi konsumsi minuman alkohol. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah berlebihan, bisa berdampak buruk pada fungsi kognitif atau proses berpikir dan memori seseorang.

2. Rutin olahraga

Olahraga secara rutin juga dinilai sebagai cara yang tepat untuk menjaga daya ingat dan konsentrasi tetap optimal. Anda disarankan untuk melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki, lari, atau berenang selama kurang lebih 30 menit setiap harinya.

Baca juga : 5 Cara Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Bagi Pekerja

3. Lakukan senam otak

Selain menjaga nutrisi dan berolahraga, otak juga perlu dilatih agar kemampuannya tetap terjaga. Senam otak juga dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu mengisi teka-teki silang, bermain puzzle, membaca, menguji ingatan dengan menghafal gambar, bermain catur, atau belajar memainkan alat musik.

4. Biasakan diri mengorganisir hal-hal kecil

Sering sekali seseorang lupa akan barangnya karena diletakkan di sembarang tempat. Oleh karena itu, cobalah merapikan barang-barang pribadi di sekitar Anda.

Mulai dari hal-hal sepele, seperti menaruh barang kembali pada tempatnya, menulis agenda harian, dan membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai. Hal tersebut akan membuat otak lebih fokus, sehingga daya ingat tetap terjaga.

5. Cukupi istirahat

Saat tidur, ingatan seseorang akan menyusun kembali informasi dari hal-hal yang sudah terjadi. Cukup istirahat akan membuat tubuh terasa bugar dan terhindar dari stres. Biasanya, orang dewasa membutuhkan sekitar 7–9 jam untuk tidur. Selain itu, tidur yang berkualitas juga dapat membantu Anda untuk mengingat dan mempelajari sesuatu hal yang baru.

Sekian artikel ini menjelaskan beberapa cara agar daya ingat Anda tetap terjaga, semoga bisa membantu Anda dalam menerapkan sebagai bagian kebiasaan sehari-hari Anda.

Jika ada kritik dan saran bisa Anda tuliskan pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 4 Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar
Pencarian