icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Langkah Awal Sebelum Terjun ke Dunia Menulis
Siker.id | 09 Jun 2022 15:00


Bagikan ke
Langkah sebelum jadi penulis (siker)

siker.id - Hanya duduk di depan laptop atau komputer, bisa bekerja dari rumah, dan di mana saja. Mungkin, berbagai kemudahan tersebut yang banyak orang pikirkan tentang penulis. Padahal, semuanya tidak sesederhana itu. Menekuni dunia kepenulisan itu tidak bisa dikatakan mudah. Banyak hal yang harus dipertimbangkan. Oleh sebab itu, seorang penulis perlu terus mengasah kemampuannya untuk menjadi lebih baik. Sedangkan, mempertahakan konsistensi itu tidak mudah. Tidak mudah bukan berarti tidak bisa, bukan? Berikut beberapa langkah awal dalam menulis.

Baca juga: 3 Modal Utama Menjadi Seorang Penulis

Ketahui jenis tulisan yang ingin ditulis

Sebelum menulis, maka tentukan dulu jenis tulisan yang akan ditekuni, mau tulisan fiksi atau non fiksi. Fiksi dan non-fiksi memiliki cara masing-masing, tentunya semua membutuhkan ilmu sebelum menjadi tulisan yang baik. Semua itu menentukan arah yang akan ditempuh untuk membagikan karya.

Mengikuti komunitas penulis

Bergabung ke komunitas penulis bisa menjadi salah satu cara untuk tetap konsisten menulis. Kenapa? Karena di dalam komunitas akan menemui orang-orang yang juga sedang berupaya menjadi penulis. Oleh sebab itu, akan menemui semangat baru untuk terus melanjutkan karya. Selain itu, penulis juga perlu untuk terus meningkatkan skill-nya, salah satu caranya dengan sharing di komunitas yang diikuti.

Baca juga: 3 Tools yang Wajib Harus Dikuasai Penulis

Mulai menulis sekarang, jangan ditunda

Tidak akan ada hasilnya jika hanya berteori, maka perlu melakukan eksekusi. Ketika ingin menjadi penulis, menulislah mulai sekarang. Jika belum konsisten, maka perlu membuat jadwal yang rutin. Membiasakan diri memang mulanya perlu paksaan, setelah itu akan menjadi sebuah keharusan. Jadi, menulis saja dulu!

Ketahui tujuanmu menulis

Semakin kuatnya tujuan, maka semakin kuat pula tekad seseorang untuk menggapainya. Sama halnya dengan penulis, mereka juga butuh tujuan. Tentunya, tujuan masing-masing orang berbeda. Ada yang ingin menambah penghasilan, ada yang mau menekuni karier sebagai penulis profesional, hingga ada yang ingin menghasilkan banyak karya.

Sekian artikel tentang tips awal buat terjun ke dunia penulis. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Tips Memulai Karir Menjadi Penulis


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar