icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Tools yang Wajib Harus Dikuasai Penulis
Siker.id | 30 May 2022 16:00


Bagikan ke
Tools untuk seorang penulis (siker)

siker.id - Menulis menjadi hobi dan profesi yang semakin banyak diminati. Selain mampu menyusun kata-kata, ada baiknya jika seorang penulis juga menguasai beberapa tools penting. Ada beberapa tools yang dapat membantu mempermudah tugas seorang penulis dengan berbagai cara. Mulai dari mencari ide hingga memastikan tulisan yang sudah selesai bebas dari plagiarisme. Harapannya sederet tools berikut dapat membantu meningkatkan kualitas tulisan. Lalu, apa saja tools tersebut? Berikut penjelasannya!

Baca juga: 4 Tips Memulai Karir Menjadi Penulis

Semrush

Alat SEO utamanya digunakan untuk membantu menemukan kata kunci terbaik dan menganalisis data. Dengan alat SEO, kamu dapat menentukan strategi terbaik yang bisa kamu lakukan agar website kamu mampu bersaing dengan platform lainnya. Selain itu, alat SEO juga dapat membantu kamu mencari inspirasi untuk menemukan ide tulisan. Ada banyak alat SEO yang bisa kamu gunakan, dan salah satu yang terbaik adalah Semrush. Cara kerja alat ini adalah memberikan laporan detail tentang bagaimana persaingan untuk suatu kata kunci dan bagaimana peluang jika kamu menggunakan kata kunci tersebut.

Google Trends

Google Trends adalah layanan milik Google yang dapat digunakan untuk mencari tahu topik apa yang sedang hangat dibicarakan. Dengan demikian, ini akan meningkatkan kemungkinan tulisanmu banyak dibaca pengguna internet yang kemudian dapat membantu meningkatkan trafik website. Selain itu, Google Trends juga memiliki fungsi lainnya yang dapat sangat membantu para penulis, salah satunya mencari ide untuk tulisan. Nilai tambahnya, Google Trends juga relatif mudah digunakan, bahkan untuk para pemula sekalipun.

Baca juga: 3 Aplikasi Pendukung Kerja Penulis

Grammarly

Untuk kamu yang tertarik menulis menggunaan bahasa Inggris, maka kamu wajib menggunakan Grammarly. Ini adalah alat yang berguna untuk mengidentifikasi kesalahan grammar dan pengejaan kata-kata. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu install Grammarly sebagai ekstensi pada mesin pencari Chrome, Safari, atau Firefox. Nantinya, Grammarly akan secara otomatis memberikan tanda jika ada kesalahan pada tulisanmu beserta saran yang lebih baik.

Sekian artikel tentang tools yang wajib harus dikuasai oleh penulis. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Hal yang Menunjukkan Kamu Penulis Sukses


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar