3 Modal Utama Menjadi Seorang Penulis
Siker.id | 06 Jun 2022 20:30


Bagikan ke
Modal menjadi penulis (siker)

siker.id - Profesi sebagai penulis bukanlah profesi yang dapat dianggap enteng. Kenyataannya, ada banyak sektor industri yang membutuhkan seorang penulis. Dengan banyaknya peluang karier, fleksibilitas kerja, serta penghasilan yang bisa sangat menggiurkan, dewasa ini pun makin banyak orang tertarik untuk jadi penulis. Akan tetapi, meski tampak mudah, untuk bisa menjadi seorang penulis itu tidak bisa dicapai begitu saja. Selain kesiapan mental untuk terus belajar meningkatkan kemampuan menulis, berikut ini adalah beberapa modal yang kamu butuhkan untuk jadi penulis.

Baca juga: 3 Tools yang Wajib Harus Dikuasai Penulis

Pengetahuan tentang suatu bidang yang mau kamu tulis

Modal lain yang kamu butuhkan untuk menjadi seorang penulis ialah pengetahuan tentang suatu bidang atau topik tulisanmu. Dengan kata lain, kamu harus berwawasan dan memahami topik yang ingin kamu tulis sesuai dengan target tipe penulis. Misalnya, kamu ingin menjadi penulis artikel, maka kamu harus banyak tahu tentang topik-topik artikel yang ingin kamu tulis. Begitu pula jika kamu ingin menjadi penulis novel. Salah satu kunci penting untuk memiliki wawasan yang luas adalah banyak membaca!

Kesabaran dan konsistensi untuk terus belajar menulis

Modal keempat yang kamu perlukan untuk menjadi seorang penulis ialah kesabaran dan konsistensi untuk terus belajar. Tanpa kedua hal itu rasanya mustahil dirimu bisa menjadi penulis andal dan bertahan lama di dunia kepenulisan. Karena dunia menulis itu terus berkembang sesuai dengan zaman, diperlukan konsistensi dan kesabaran untuk belajar menyesuaikan tulisanmu dengan masa dan zamannya. Hanya dengan cara itu kamu mungkin bertahan sebagai penulis.

Baca juga: 4 Tips Memulai Karir Menjadi Penulis

Ketekunan sampai tulisanmu terbit

Semua penulis mungkin pernah mengalami fase dimana tulisannya ditolak, tidak dilirik, atau bahkan perlu revisi berkali-kali untuk terbit. Sebagian orang berpikir menerbitkan tulisan itu mudah. Kenyataannya, ada proses panjang sampai karya tulis kamu bisa terbit. Untuk mencapai hal ini dibutuhkan ketekunan yang tinggi.

Sekian artikel tentang modal utama menjadi seorang penulis. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Aplikasi Pendukung Kerja Penulis


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar